banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

Nusron Wahid Dorong Transformasi Layanan Pertanahan yang Cepat dan Transparan

 

Bingkaiwarta, KUDUS – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, menegaskan bahwa pelayanan publik di bidang pertanahan harus bertransformasi agar sesuai dengan karakter masyarakat masa kini, khususnya generasi muda. Menurutnya, generasi muda menuntut kecepatan, transparansi, dan integritas tinggi dalam setiap layanan pertanahan.

banner 728x250

“Generasi muda tidak mau lagi berurusan dengan proses yang rumit atau tidak transparan. Mereka ingin semua layanan jelas, terukur, dan sesuai aturan. Kalau tidak sesuai, mereka berani bersuara di media sosial. Itulah yang akan terjadi dalam lima tahun mendatang, ketika generasi ini menjadi mayoritas pemohon dalam proses pertanahan. Untuk itu, kita perlu bertransformasi,” ujar Menteri Nusron saat memberikan arahan kepada jajaran Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan se-Karesidenan Pati, di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (7/11/2025).

Menteri Nusron menambahkan bahwa perubahan perilaku masyarakat perlu diimbangi dengan pembaruan sistem pelayanan di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Layanan pertanahan perlu beradaptasi dengan tuntutan zaman melalui percepatan proses, kemudahan akses, dan kepastian hasil.

Transformasi layanan akan dilakukan secara menyeluruh, dimulai dari penyederhanaan proses bisnis agar masyarakat dapat mengurus seluruh kebutuhan dalam satu jalur terpadu. Langkah ini juga memerlukan dukungan teknologi informasi yang kuat untuk menjamin kecepatan, efisiensi, dan keamanan data.

Proses transformasi juga sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM menjadi kunci untuk mewujudkan pelayanan publik yang modern dan berintegritas. Oleh karena itu, Menteri Nusron menekankan kepada jajarannya bahwa ASN di lingkungan Kementerian ATR/BPN harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan integritas tinggi agar mampu menyesuaikan diri dengan tantangan baru.

“Transformasi pelayanan bukan sekadar perubahan sistem, tetapi perubahan cara berpikir. Kita harus melayani masyarakat dengan cara yang sesuai dengan semangat zaman,” tutup Menteri ATR/Kepala BPN.

Sesi pengarahan bagi jajaran di Provinsi Jawa Tengah ini dimoderatori oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol, Shamy Ardian. Turut menyampaikan laporan kinerja kepada Menteri Nusron adalah Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah.

Dengan transformasi ini, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat, dan transparan kepada masyarakat, khususnya generasi muda, demi mewujudkan kepastian hukum di bidang pertanahan. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan