Bingkaiwarta, JAKARTA – Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengurus layanan pertanahan. Di saat sebagian besar kantor layanan masyarakat tutup, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tetap memberikan pelayanan pada tanggal 25-26 Desember 2025 dan 1 Januari 2026.
Salah satu warga yang memanfaatkan layanan khusus ini adalah Tri Ayu Setiani (26). Berbekal surat kuasa dari kakaknya selaku pemilik tanah, ia mendatangi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Selatan guna menyelesaikan proses lanjutan setelah mengurus Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB).
“Sebelumnya saya dan kakak sudah mengurus di UP3D (Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah) sejak sebulan lalu, dan mulai proses di BPN dari minggu lalu. Saat itu, petugas loket memberitahu kalau sertipikat bisa diambil di hari libur Nataru ini,” ungkap Tri Ayu pada Kamis (25/12/2025).
Awalnya, ia sempat ragu karena layanan serupa umumnya tidak beroperasional di hari libur. Namun, setelah membuktikannya sendiri, ia terkagum dan sangat mengapresiasi kerja petugas ATR/BPN. “Ini pelayanan luar biasa banget. Saya tanya ke petugas, kapan dia libur? Tapi dia bilang hari Natal, besok (Jumat, 26 Desember 2025), dan tanggal 1 Januari 2026 tetap buka,” tuturnya.
Pelayanan pertanahan pada momen libur ini berjalan mulai pukul 09.00-12.00 waktu setempat. Selain Tri Ayu, layanan ini juga memudahkan Eli Ermawati (63) yang mulai berani mengurus sendiri proses sertipikasi tanah dan rumah miliknya. Bersama putrinya, ia datang ke Kantah Jakarta Selatan untuk mengambil Peta Bidang Tanah (PBT) hasil pengukuran guna mendaftarkan pembuatan sertipikat.
“Saya pernah kecewa karena tiga kali minta tolong orang lain tidak berhasil tanpa alasan. Tapi kali ini coba urus sendiri ternyata bisa. Semua berjalan lancar setelah petugas loket menjelaskan alur pendaftaran dengan jelas,” kata Eli.
Ia mengapresiasi layanan yang diberikan hingga bisa memasuki tahap proses sertipikasi aset tanah warisan almarhum suaminya. “Sangat bahagia sudah sampai tahap ini. Saya dibantu dan diarahkan apa yang harus dilengkapi. Sebagai single parent, saya butuh sertipikat ini untuk anak-anak saya,” ujarnya.
Pelayanan Kantah di seluruh Indonesia ini merupakan wujud dari arahan dan komitmen Menteri ATR/Kepala BPN, Nusron Wahid untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan layanan pertanahan tetap terpenuhi secara optimal. Meskipun waktu dan jenis layanan terbatas, diharapkan bisa mempermudah masyarakat yang memiliki keterbatasan untuk mengurus di hari kerja biasa. (Abel/hms)














