banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

Kementerian ATR/BPN Jemput Bola, Sosialisasi Layanan Digital di Livin Festival PIK 2

Bingkaiwarta, BANTEN – Informasi pertanahan menjadi kebutuhan krusial bagi masyarakat, terutama pemilik tanah. Mulai dari kepastian kepemilikan, syarat waris, hingga kejelasan data untuk keperluan perbankan dan pengembang, informasi yang dibutuhkan sangat beragam. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hadir di tengah masyarakat melalui berbagai cara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam pameran.

Sejak Kamis, 16 Oktober hingga Minggu, 19 Oktober 2025, Biro Humas dan Protokol Kementerian ATR/BPN hadir di Livin Festival, PIK 2, Banten. Kementerian ATR/BPN menghadirkan stan interaktif yang fokus pada sosialisasi dua layanan digital unggulan: Sertipikat Elektronik dan aplikasi Sentuh Tanahku.

banner 728x250

Pengunjung dapat mencoba langsung aplikasi Sentuh Tanahku melalui layar interaktif, bertanya langsung mengenai hal-hal teknis, dan bahkan melakukan aktivasi akun dengan bantuan petugas dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian ATR/BPN.

Selain Sentuh Tanahku, stan ini juga melayani konsultasi seputar pertanahan dan menerima aduan. Masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga dapat menyampaikan kendala atau masalah yang dihadapi.

Beragam profil pengunjung mendatangi stan ini. Ada yang awalnya hanya melintas, kemudian tertarik melihat layar interaktif dan bertanya soal masalah pertanahan. Ada juga yang datang dengan kebutuhan spesifik, seperti syarat alih media ke Sertipikat Elektronik atau konsultasi transaksi properti. Bahkan, pegawai bank pun ikut berkonsultasi mengenai prosedur Hak Tanggungan Elektronik.

“Senang banget bisa nanya-nanya di sini sambil kerja, gak perlu jauh-jauh ke BPN. Jadi tahu juga kalau BPN bisa urus tanah di Sabtu-Minggu. Nanti dicoba deh. Makasih ya, sudah dapat informasi gratis,” ujar Susi, warga Kabupaten Bogor yang datang bersama rekan kerjanya untuk menanyakan syarat mengurus sertipikat tanah.

Untuk memastikan informasi yang diberikan tepat sasaran, perwakilan dari Bagian Informasi Publik turut hadir mendampingi layanan. Petugas dari Pusdatin juga hadir untuk menjawab pertanyaan teknis terkait aplikasi Sentuh Tanahku. Dengan demikian, setiap pertanyaan masyarakat dapat ditangani langsung oleh petugas yang kompeten.

“Kami ingin masyarakat merasakan kemudahan layanan digital sekaligus mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Stan ini adalah wujud jemput bola kami. Masyarakat bisa jalan-jalan di pameran sambil mendapatkan informasi soal pertanahan,” pungkas Kepala Subbagian Hubungan Antar Lembaga Biro Humas dan Protokol ATR/BPN, Rinaldi. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan