Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Pemkab Kuningan Peringati Hari Amal Bakti ke-77, Bupati Sampaikan Amanat Menteri Agama RI

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Bupati Kuningan H. Acep Purnama menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Memperingati Hari Amal Bakti Ke-77 Tahun Kementerian Agama tingkat Kabupaten Kuningan, di Lapangan Pandapa Paramarta, Selasa (3/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Acep Purnama membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. “Patut disyukuri karena hari ini kita bisa memasuki tahun baru 2023, namun bagi insan kementerian agama, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus. Dimana di awal tahun ini diperingati hari amal bakti ke 77 yang diajak untuk mengenal, meresapi arti lahirnya kementerian agama sejak 1986 yang dulu bernama Departemen Agama,” ujarnya

banner 728x250

Pada peringatan hari ini, dirinya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat, dan menjadi Hari Bakti Amal kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Tahun lalu di gelorakan semangat transformasi layanan umat secara bertahap, cita ini telah terwujud dan tampak hasilnya. Kini kemenag terlihat berubah, birokrasinya, lincah dan responsif salah satunya dengan hadirnya Pusaka Super Apps,” terangnya.

Beragam inovasi Digital terus dilakukan mulai pusat hingga daerah. Semua ini adalah upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Bukti bahwa kemenag telah berubah adalah diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/lembaga Publik dimana diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun lalu.

“Pada Hari Amal Bakti Tahun 2023 ini, dicanangkan Tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat, hal ini adalah tugas berat yang diamanatkan bagi seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat Fluktuatif dan dinamis, dan sering diuji lebih lebih dalam menghadapi Pemilu 2024 nantinya. Kerukunan juga adalah prasyarat pembangunan Nasional, Pembangunan membutuhkan stabilitas dan dapat terwujud bila masyarakat rukun dan damai di tahun politik ini, politisasi agama yang sering dilakukan untuk meraih efek elektoral, penggunaan politik identitas harus di mitigasi agar tak mengganggu kerukunan umat,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, keluarga kementerian agama, tokoh agama dan tokoh masyarakat, harus tertib dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian sesungguhnya. Untuk itu semangat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kemenag.

“ASN Kemenag diminta tak menjadi partisan  apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kemenag harus menjadi simbol kerukunan dan persaudaraan dan diyakini bahwa  kerukunan umat akan mengantarkan menuju Indonesia hebat,” tandasnya.

Ditambahkannya, bahwa sejak tahun sebelumnya sebagai bentuk apresiasi kepada pengabdian negara, maka telah diajukan ke presiden 10.073 pegawai negeri kemenag. Presiden juga memberikan Penghargaan Satya Lencana kepada ASN Kemenag sehingga memberikan semangat dalam bekerja.

Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama tingkat Kabupaten Kuningan ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama,  H. Tarmizi Tohor, Pejabat Forkopimda Kabupaten Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Ketua MUI Kuningan, Para mantan kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Para Tokoh agama, Para ASN dan PPNPNS Kantor Kemenag Kuningan serta tamu undangan lainnya .

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan pada Upacara HAB ke 77 diantaranya : Penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya oleh Bupati Kuningan, Pemberian Tanda Mata bagi Para Pensiunan Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Tahun 2022, Penyerahan Sertifikat, Piala Pertandingan Olahraga dan Lomba-lomba HAB ke 77.

Di penutup acara, Bupati Acep Purnama juga mendapatkan penghargaan dan Apresiasi atas dukungan Program-Program Keagamaan di Kabupaten Kuningan dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke – 77. 

Bupati Acep menyampaikan di hari Amal Bhakti ini dapat menjadikan momentum Kemenag Kabupaten Kuningan semakin mempererat hubungan antar umat beragama.

“Kegiatan ini sangat baik, bisa mempererat silaturahmi antar umat beragama di Indonesia terkhusus di Kabupaten Kuningan,” pungkas Acep. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan