Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Raih Kepercayaan Masyarakat, Uniku Apresiasi Peran Media

Bingkaiwarta, CIGUGUR – Perkembangan Universitas Kuningan (Uniku) dari tahun ke tahun tentu tidak lepas dari peran media yang sangat efektif. Karenanya, sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi dan dedikasi media partner, Uniku menggelar acara Media Gathering di RM Saung Ema Cigugur,Kuningan, Rabu (22/12/2021) pagi.

“Kontribusi dan dedikasi teman-teman media sangat luar biasa bagi perkembangan Universitas Kuningan. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap Universitas Kuningan sebagai akibat dari pemberitaan dan informasi obyektif dan profesional yang disampaikan oleh teman-teman media,” kata Wakil Rektor III Uniku, Dr. Haris Budiman, S.H., M.H., dalam sambutannya.

banner 728x250

Lebih jauh, Haris menyampaikan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Uniku dapat dilihat dari peningkatan jumlah pendaftar setiap tahunnya.

“Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Kuningan dapat kita lihat dari peningkatan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Tahun ini, kita memecahkan rekor dimana pendaftar mencapai lebih dari 2000 dan yang dinyatakan diterima serta lanjut registrasi ulang yaitu diatas 1600 mahasiswa,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Drs. H. Uri Syam, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi peran strategis media terhadap perkembangan Uniku.

“Saya pribadi banyak tahu tentang perkembangan Universitas Kuningan pertama kali dari media, sebelum dari pengelola. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi peran media dan mendorong agar kerja sama yang sudah ada dapat terus terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Nunung Khazanah mengatakan pihaknya berharap ada akademisi yang mau bersuara di media.

“Insya Allah kami wartawan selalu berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Saya juga sangat salut bilamana mahasiswa bisa menyuarakan aspirasi mereka. Selain itu, sebetulnya, kami juga berharap ada akademisi yang mau bersuara di media,” ujarnya. (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan