banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

 

Bingkaiwarta, CIREBON – Sudah menjadi tradisi setiap menjelang Ramadan masyarakat pulang kampung untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Masyarakat cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman. Dalam melakukan perjalanan pulang kampung sebagian masyarakat menggunakan kereta api, terbukti permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.

banner 728x250

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mencatat dalam periode 28 Februari hingga 3 Maret 2025, total sebanyak 11.471 pelanggan akan menggunakan layanan kereta api. Rinciannya, pada 28 Februari sebanyak 4.976 penumpang, pada 1 Maret 1.807 penumpang, pada 2 Maret 3.108 penumpang dan 3 Maret 1.580 penumpang. Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin.

Guna mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari upaya mendukung keberlanjutan, KAI Daop 3 menyediakan water station di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan yang merupakan fasilitas isi ulang air minum gratis bagi pelanggan. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai serta mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun. Takjil akan disiapkan dan didistribusikan di 21 stasiun besar termasuk Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.

Selain peningkatan layanan, KAI juga mendorong kesadaran akan jejak karbon melalui fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI. Dengan fitur ini, pelanggan dapat melihat jumlah emisi karbon yang berhasil mereka hemat dengan memilih kereta api dibandingkan moda transportasi lain.

Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan selama periode Ramadan diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.

“Kami terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem face recognition. Dengan berbagai inovasi ini, kami berharap pengalaman perjalanan pelanggan semakin nyaman, praktis, dan efisien,” tambah Muhib.

“Dengan berbagai peningkatan layanan dan komitmen terhadap keberlanjutan, diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan,” tutupnya. (ARL)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!