Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

23 Tahun Terpisah, Keluarga Besar Bangdes Temu Kangen

Bingkaiwarta, JALAKSANA – Sebagai upaya untuk tetap menjaga silaturhami, keluarga besar Bangdes (Pembangunan Desa) atau sekarang dikenal dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) mengadakan Halal Bil halal dan Temu Kangen, di Aula Balai Desa Sembawa, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Sabtu (20/5/2023).

Acara dihadiri oleh 60 orang yang datang dari beberapa beberapa daerah, seperti Bandung, Bekasi, Ciamis, dan Cirebon. Ada juga diantara mereka yang masih aktif dinas, seperti di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung, Bekasi dan Cirebon.

banner 728x250

Ketua Bangdes H. Nana A Sukmana mengucapkan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh keluarga besar Bangdes.

“Kami sengaja mengadakan acara Halal Bihalal ini. Selain temu kangen, halal bihalal ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi setelah kurang lebih 23 tahun terpisah. Juga untuk mempererat kekompakan dan sinergi. Karena bagaimanapun, kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh keluarga besar Bangdes ini tidak akan dapat terlaksana dengan baik, tanpa adanya dukungan dari seluruh anggota,” tutur Nana.

Menurutnya, dengan silaturahmi yang tercipta, peran keluarga besar Bangdes bisa dilakukan secara maksimal. Dia berharap pihaknya bisa terus melakukan kegiatan positif. Sebab, hal itu akan memberikan energi positif untuk  berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Kepala Desa Sembawa H .Emon Durachman yang juga merupakan mantan pegawai Bangdes sangat mengapresiasi acara Halal Bihalal ini. Karena tidak hanya berkumpul, namun mereka bisa saling bertukar pikiran ataupun hanya sekedar diskusi ringan.

“Sejak tahun 2000 kita terpisah. Dan hari ini kita bisa kumpul kembali. Meski tidak semuanya hadir, namun ini bisa mengobati rasa kangen kami terhadap rekan rekan seperjuangan,” ujarnya.

Emon berharap acara temu kangen dan halal bihalal ini bisa menjadi agenda rutin kedepannya.

Acara diisi dengan tausiyah, ramah tamah dan poto bersama. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan