Breaking News
GWK Inisiasi Pertemuan Dengan Pemerintah Daerah Untuk Pastikan Akses Jalan Warga Tetap Terjaga KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Libur Hari Raya Idul Adha, Penumpang Kereta Api Daop 3 Cirebon Meningkat

Libur Hari Raya Idul Adha, Penumpang Kereta Api Daop 3 Cirebon Meningkat

Bingkaiwarta, CIREBON – Selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446H/2025, KAI mencatat lonjakan penumpang kereta api yang berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Berdasarkan data selama periode 5 hari mulai tanggal 5 hingga 9 Juni 2025, KAI Daerah Operasi 3 Cirebon menyediakan sebanyak 26.780 tiket KA untuk sambut libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Hingga siang ini (9/6) pada penghujung libur cuti bersama Idul Adha 1446H/2025 tercatat sebanyak 24.942 tempat duduk telah terjual atau mencapai 93%. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat hingga malam nanti mengingat KAI Daop 3 Cirebon juga menjalankan perjalanan KA Tambahan Cirebon Fakultatif untuk keberangkatan pukul 20.30 WIB dari Stasiun Cirebon.

banner 728x250

“KAI Daop 3 mencatat 24.942 tiket telah terjual atau setara dengan tingkat okupansi sebesar 93%. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan liburan kenaikan Yesus Kristus pada minggu sebelumnya yang mencapai 83%,” kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin.

Sementara itu, pada periode yang sama, jumlah kedatangan penumpang di sejumlah stasiun Daop 3 Cirebon juga mengalami peningkatan mencapai 36.970 orang.

*Data Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang*

Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan menjadi titik terpadat untuk keberangkatan dan kedatangan KA. Selama libur panjang hari raya Idul Adha 1446/2025 sebanyak 145 perjalanan KA perhari melintas di wilayah Daop 3 Cirebon (termasuk KA tambahan).

“Selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446H, penumpang yang berangkat (naik) dari Stasiun Cirebon tercatat 15.478 orang dan yang turun sebanyak 14.587 orang. Sementara dari Stasiun Cirebon Prujakan penumpang yang berangkat (naik) sebanyak 6.131 orang dan yang turun 5.725 orang,” ungkap Muhibbuddin.

*Perjalanan KA Tambahan Cirebon Fakultatif*

Untuk mengakomodir peningkatan penumpang, Daop 3 Cirebon mengoperasikan satu perjalanan KA tambahan Cirebon Fakultatif relasi Cirebon-Gambir dengan kapasitas 610 tempat duduk perhari. KA Cirebon Fakultatif dijalankan mulai tanggal 7-9 Juni 2025.

“Kami mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau kanal penjualan resmi lainnya. Masyarakat juga diharapkan hadir lebih awal di stasiun, minimal 30 menit sebelum keberangkatan, untuk menghindari antrean saat proses boarding,” ujar Muhib.

“Selain itu, kami informasikan juga bahwa KAI mendukung program pemerintah terkait stimulus untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi domestik dengan memberikan diskon tarif 30% pada perjalanan kereta api kelas Ekonomi non subsidi dibulan Juni-Juli 2025. Program ini bertujuan mendorong mobilitas masyarakat sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi di berbagai sektor. Dengan diskon tiket kereta api, pemerintah berharap masyarakat lebih mudah melakukan perjalanan dengan biaya yang lebih terjangkau,” tutup Muhib.

Diskon tarif ini berlaku untuk pembelian tiket mulai 5 Juni hingga 31 Juli 2025, untuk periode keberangkatan di tanggal yang sama. Tiket diskon dapat diperoleh melalui seluruh kanal penjualan resmi KAI, termasuk aplikasi Access by KAI atau booking.kai.id. KAI berkomitmen terus menghadirkan pengalaman liburan yang berkesan bagi seluruh pelanggan melalui layanan yang aman, nyaman, dan terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI di 121. (ARL)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan