banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

Belajar dari BRI, Imigrasi Cirebon Siap Kembangkan IRONCARE untuk Penguatan Layanan Publik

 

Bingkaiwarta, CIREBON – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat sistem pengaduan berbasis digital, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon melakukan kunjungan ke Bank BRI Kantor Cabang Cirebon. Kegiatan ini merupakan bagian dari sharing session untuk mempelajari praktik terbaik (Best Practices) dalam pengelolaan layanan dan sistem pengaduan pelanggan yang telah berhasil diterapkan oleh Bank BRI.

banner 728x250

Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Cirebon, Riza Alamsyah menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam mendukung pengembangan program inovasi pelayanan publik berbasis digital, yaitu
IRONCARE (Imigrasi Cirebon Care).

“Kami ingin mempelajari bagaimana manajemen pelayanan di Bank BRI yang nantinya dapat kami adopsi dalam pengembangan program IRONCARE di Kantor Imigrasi, khususnya dalam pengelolaan pengaduan layanan dan sarana prasarana,” ujar Riza pada Senin (27/10/2025).

Riza menambahkan bahwa di era digital saat ini, integrasi antara sistem digital dan
pelayanan publik menjadi hal penting untuk menciptakan layanan yang cepat,
transparan, dan responsif.

“Dengan digitalisasi, masyarakat dapat melaporkan pengaduan serta memantau perkembangannya kapan pun dan di mana pun. Kami berharap kehadiran
IRONCARE dapat meningkatkan kepercayaan publik sekaligus membantu masyarakat memperoleh pelayanan terbaik,” ucapnya.

Melalui kegiatan sharing session ini, tim dari Kantor Imigrasi Cirebon mempelajari
bagaimana BRI mengelola saluran pengaduan, melakukan tindak lanjut, dan menjaga kualitas respons terhadap pelanggan. Hasil pembelajaran tersebut akan dijadikan acuan dalam penyempurnaan sistem IRONCARE, agar nantinya dapat mengintegrasikan penanganan pengaduan, atensi, dan laporan sarana prasarana secara real-time.

Selain aspek digitalisasi, Riza juga menekankan bahwa keberhasilan penerapan
sistem sangat bergantung pada sinergi antar-unit kerja. Kolaborasi yang solid di antara seluruh bagian menjadi faktor penting agar pengelolaan layanan berjalan lebih optimal.

Sementara itu, perwakilan Universal Banker Bank BRI Kantor Cabang Cirebon Sakti pangestu menyampaikan apresiasinya atas kunjungan tersebut.

“Kami telah lama menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Kantor Imigrasi Cirebon dan Kami sangat senang menyambut kunjungan ini serta siap mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Imigrasi Cirebon,” tutur Sakti.

Hasil kunjungan tersebut diharapkan menjadi tolak ukur sekaligus inspirasi bagi pengembangan IRONCARE yang saat ini tengah disiapkan sebagai salah satu inovasi unggulan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon dalam meningkatkan kepuasan masyarakat baik dari sisi pelayanan maupun penanganan sarana dan prasarana.

”Kami harap dari kunjungan ini akan memberikan dampak positif bagi pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh,” pungkas Riza. (ARL)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan