Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Arunika Eatry Kuningan Peduli UMKM

Bingkaiwarta, CIGUGUR – Arunika Eatry Resto  yang terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, merupakan tempat nangkring paling diburu di kaki Gunung Ciremai. Menyusul dibukanya Baiksa Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertema Pasar Rakyat Di Atas Bukit, yang digelar di Area Helipad Arunika Eatry.

Arunika Peduli UMKM ini dibuka pada tanggal 24 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023.
“Ini merupakan bentuk kepedulian Arunika kepada UMKM Kuningan. Bazar di buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB,,” ungkap Owner Arunika Eatry Resto, Adelya Puspita, melalui Penanggung Jawab Baiksa Bazzar UMKM Arunika Eatry, Bangkit Rizki, kepada bingkaiwarta.co.id, Kamis (29/12/2022).

banner 728x250

Bazzar ini diikuti oleh 14 UMKM milik warga di sekitar Arunika Eatry atau UMKM lokal. Adapun jenis UMKM bervariatif, mulai dari fashion, oleh-oleh khas Kuningan hingga makanan tradisional. Selain stand UMKM di sekitar, Ia juga menyediakan arena luas berisi kursi-kursi nongkrong para pengunjung. Ada juga spot-spot photo alami untuk pengunjung berswaphoto dengan pemandangan alam yang indah di bawah kaki Gunung Ciremai.

“Baiksa Bazar ini, sebuah nawacita besar Arunika Eatry tentang sebuah acara, dimana ingin memberikan tempat dan dampak pertumbuhan bersama dengan konsep buy, gather, grow and share,” jelas Bangkit.

Dia berharap bazar UMKM ini memberikan manfaat baik bagi pelaku UMKM itu sendiri maupun pengunjung Arunika Eatry. Dimana setelah nongkrong, bersantap ria di atas bebukitan indah Arunika Eatry, pengunjung yang mau oleh-oleh khas bisa terfasilitasi di Baiksa Bazar UMKM.

“Begitu pun bagi pelaku UMKM,  produknya bisa dikenalkan, dan dipasarkan untuk peningkatan ekonomi mereka,” tandasnya. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan