Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Asli Kuningan, Ade Kadarisman Duta Muda Indonesia UNESCO 2005 Menuju DPD RI

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Ade Kadarisman tengah berikhtiar menuju gelanggang Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Propinsi Jawa Barat. Mantan Duta Muda Indonesia untuk UNESCO Youth Forum – Perancis 2005 ini, bersama timnya menyerahkan daftar pendukung calon perseorangan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Kamis (29/12/2021) sore, dan diterima oleh Rifki Alimubarok beserta panitia.

Majunya akademisi sekaligus pemerhati SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB) ini meramaikan bursa bakal calon DPD RI dari Propinsi Jawa Barat. “Bismillah, hari ini saya menyerahkan persyaratan awal daftar dukungan menuju DPD RI,” ungkap ayah tiga putra asal Kuningan Jawa Barat yang saat ini tinggal di Cileunyi Kabupaten Bandung.

banner 728x250

Bagi Ade, keputusannya turut berlaga dalam perhelatan DPD RI adalah wujud kepeduliannya untuk mengabdi kepada masyarakat lebih luas melalui parlemen di Senayan. “Hidup ini adalah perjuangan dan pengabdian, kita harus siap memberikan yang terbaik untuk masyarakat sesuai kapasitas diri kita masing-masing,” papar Wakil Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat periode 2017-2021, Dewan Juri Nasional Anugrah Kerjasama Diktiristek 2022, mantan Wakil Direktur Unpad SDGs Center (2016) serta Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 2 Kuningan Jawa Barat.

Selain sebagai akademisi, selama ini Ade juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Diantaranya mendirikan dan mengasuh Komunitas Prakarsa Akar Bumi, sebuah komunitas yang bergerak dalam aktivitas literasi, budaya, dan lingkungan yang mengasuh anak-anak tidak mampu di Cileunyi Kulon Kab.Bandung.

“Di komunitas literasi anak ini, kita buat program Belajar gembira bahasa Inggris dan bahasa Sunda secara gratis serta berbagai program kreativitas anak,” ujar jebolan Master Studi Pembangunan ITB dan Master of Environment Universite Paris 1 Pantheon Sorbonne, Perancis.

Keinginannya yang kuat untuk mendarmabaktikan diri melalui Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap berbagai kebijakan serta rancangan undang-undang yang pro-rakyat, mengedepankan keberpihakan dan keadilan sosial terutama yang terkait dengan agenda pengentasan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, pendidikan untuk semua, ekonomi kerakyatan, kebudayaan, dan perubahan iklim.

“Mohon do’a restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Barat,” kata Ade. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan