Breaking News
GWK Inisiasi Pertemuan Dengan Pemerintah Daerah Untuk Pastikan Akses Jalan Warga Tetap Terjaga KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Dosen Unisa Kuningan Usulkan Program Ajengan Masuk Sekolah

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Dosen Pasca sarjana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Dr. Iman Subasman, M.Si mengusulkan program Ajengan Masuk Sekolah di Kuningan. Program tersebut dinilai penting untuk membangun karakter masyarakat atau pelajar di daerah tujuan wisata supaya tetap kokoh sesuai dengan nilai-nilai agama dan bangsa.

Saran tersebut disampaikan dalam sosialisasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan tahun 2021 yang digelar BAPPEDA Kuningan, Gedung GOW Jl. RE. Martadinata Kuningan, Rabu (29/12/21) dan dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perencanaan, Data, Evaluasi, Penelitian & Pengembangan BAPPEDA Kuningan, Tatiek Ratna Mustika, S.Sos.,MT.

banner 728x250

Iman menerangkan, tema hasil penelitian “Ajengan Masuk Sekolah: Model Penedidikan Karakter di Kota Wisata” merupakan hasil penelitian yang dia lakukan di Kabupaten Pangandaran. Program tersebut memuat inspirasi yang sama untuk Kabupaten Kuningan karena dua daerah tersebut sama-sama mempunyai potensi wisata berkelas nasional bahkan dunia.

“Wisata harus maju dan berkelas dunia, tapi disisi yang lain kita juga harus melangkah jauh bagaimana membangun karakter masyarakat khususnya pelajar supaya tetap kokoh sesuai dengan nilai agama dan bangsa,” kata Iman.

Ajengan masuk sekolah, lanjutnya, merupakan program unggulan Kabupaten Pangandaran dalam menguatkan karakter para pelajar. Melalui program itu, ratusan ulama kharismatik diturunkan ke sekolah jenjang SD dan SMP untuk mengajar langsung di kelas selama 2 jam pelajaran perpekan, meliputi pembelajaran Tauhid, Fiqh, Akhlaq, Al Quran dan praktik ibadah.

“Program AMS ini mendukung Pangandaran sehingga berhasil meningkatkan raport karakter SD dan SMP di tingkat Jawa Barat,” tutur Kaprodi Magister PAI Unisa tersebut.

Untuk memulai program tersebut, Iman menyarankan, Pemerintah Kabupaten Kuningan harus melakukan beberapa hal di antaranya, mengevaluasi kembali visi agamis, mengevaluai efektifitas Perda Diniyah, bekerja sama dengan stakeholder pendidikan-keagamaan, membuat model pendidikan karakter khas Kuningan, dan memasukan program daerah tentang pendidikan karakter dalam APBD.

“Harus terjalin sinergi para pihak, sehingga program AMS ini bisa mewujudkan visi Kuningan sebagai daerah yang agamis,” tandasnya.

Sementara, Tatiek Ratna Mustika, S.Sos.,MT. menerangkan, kegiatan diseminasi tersebut merupakan upaya BAPPEDA untuk mendapatkan masukan dalam rangka pengembangan Kabupaten Kuningan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk kali keempat selama tahun 2021 itu merupakan upaya BAPPEDA dalam mengakomodir saran-saran dari para peneliti dan akamisi. (Abel Kiranti/Humas)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan