Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Dua Mahasiswa DKV Raih Special Starfish Award di Pameran International Ocean Arts Festival (IOAF)

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Satu lagi prestasi yang mengharumkan nama Universitas Kuningan (Uniku) kembali diraih. Kali ini, tak tanggung – tanggung mahasiswa Uniku meraih prestasi yang membanggakan di level Internasional. Mahasiswa dari program studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) bernama Geral Dwi Cahyo dan Muhammad Fadhil Fahrianto berhasil menyabet prestasi tersebut.

Mereka berdua berhasil mendapatkan Special Starfish Award dalam International Ocean Arts Festival IOAF tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Asian Federation of Arts, Culture, and Science AsianACS.

banner 728x250

IOAF sendiri merupakan pameran tahunan yang telah diselenggarakan AsianACS sejak tahun 2018 lalu. Sebelum memperoleh penghargaan tersebut, mereka berhasil menjadi selected artist (Kategori International College Students).

Hal ini menjadikan karya mereka dipamerkan secara langsung di Callary and Cafe Gio, Jeju-do, Korea Selatan pada tanggal 2-8 Oktober 2021 yang lalu bersama dengan 293 selected artist internasional lainnya. Pameran internasional ini bertemakan “Life – Ocean – Future”.

Oleh karena itu, Geral membuat karya dengan judul “Surfing With The Trash”. Karya yang mengilustrasikan seseorang yang sedang berselancar di lautan ditemani begitu banyak sampah berserakan di lautan. Karya ini terinpirasi dari kondisi lautan saat ini, dimana lautan sudah tidak pedulikan lagi kebersihannya.

“Karya ini dibuat dengan teknik digital imaging atau photo composite dengan ukuran A3 pada tahun 2021,” kata Geral sapaan akrabnya, Senin (13/12/2021).

Sedangkan, rekannya bernama Fadhil membuat karya dengan judul “ Mutualism”. Karya tersebut bermakna bagaimana hubungan antara manusia dengan hewan laut (lumba – lumba).

“Lumba – lumba kerap dikaitkan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan manusia. Manusia memiliki peran yang penting dalam kelestarian lumba – lumba dan juga ekosistem dilaut yang nantinya kelak dimasa depan kelestarian laut tersebut dapat terus dirasakan oleh generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk teknik pembuatan menggunakan media tradisional seperti kertas , pensil dan pena. “Kemudian, melalui proses scan dan diwarnai menggunakan teknik digital (photoshop),” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., mengatakan, dirinya merasa bangga dan mengapresiasi atas keberhasilan yang ditorehkan oleh mahasiswanya bernama Geral dan Fadhil yang dapat mengharumkan nama Uniku di level Internasional.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Uniku di kancah internasional. Saya bangga dan penghargaan yang setinggi – tingginya atas keberhasilan yang diraih oleh ananda Geral dan Fadhil,” tuturnya.

Tito berharap, dengan diraihnya prestasi yang sangat luar biasa oleh mahasiswa FKOM Uniku, diharapkan dapat memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa FKOM Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi.

“Saya berharap, semoga akan terus lahir Geral dan Fadhil lainnya yang kembali berkarya dan berprestasi lagi kedepannya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., yang didampingi Wakil Rektor IV Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., mengatakan, pihaknya juga bangga dan sangat mengapresiasi atas keberhasilan prestasi internasional yang diraih oleh mahasiswa dari Prodi DKV FKOM Uniku.

“Alhamdulillah, saya bangga dan sangat mengapresiasi atas keberhasilan yang sangat luar biasa. Terimakasih dan saya sampaikan selamat kepada Geral dan Fadhil atas karya dan prestasi yang ditorehkan,” tuturnya.

Menurutnya, dengan keberhasilan yang sangat istimewa ini, yang kembali ditorehkan oleh mahasiswanya menjadi salah satu bukti nyata jika mahasiswa Uniku memiliki daya saing dan kualitas. “Ini mungkin salah satu bukti nyata lagi jika mahasiswa Uniku memiliki daya saing dan kualitas,” ucapnya.

Dikdik juga berharap, semua prestasi yang sudah diraih oleh mahasiswa dan mahasiswi yang cukup membanggakan dan mengharumkan nama lembaga, diharapkan dapat terus memotivasi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, keberhasilan prestasi demi prestasi ini dapat terus memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi lagi kedepannya,” pungkasnya. (Abel Kiranti/Humas)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan