banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

Dua Mahasiswa DKV Raih Special Starfish Award di Pameran International Ocean Arts Festival (IOAF)

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Satu lagi prestasi yang mengharumkan nama Universitas Kuningan (Uniku) kembali diraih. Kali ini, tak tanggung – tanggung mahasiswa Uniku meraih prestasi yang membanggakan di level Internasional. Mahasiswa dari program studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) bernama Geral Dwi Cahyo dan Muhammad Fadhil Fahrianto berhasil menyabet prestasi tersebut.

Mereka berdua berhasil mendapatkan Special Starfish Award dalam International Ocean Arts Festival IOAF tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Asian Federation of Arts, Culture, and Science AsianACS.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

IOAF sendiri merupakan pameran tahunan yang telah diselenggarakan AsianACS sejak tahun 2018 lalu. Sebelum memperoleh penghargaan tersebut, mereka berhasil menjadi selected artist (Kategori International College Students).

Hal ini menjadikan karya mereka dipamerkan secara langsung di Callary and Cafe Gio, Jeju-do, Korea Selatan pada tanggal 2-8 Oktober 2021 yang lalu bersama dengan 293 selected artist internasional lainnya. Pameran internasional ini bertemakan “Life – Ocean – Future”.

Oleh karena itu, Geral membuat karya dengan judul “Surfing With The Trash”. Karya yang mengilustrasikan seseorang yang sedang berselancar di lautan ditemani begitu banyak sampah berserakan di lautan. Karya ini terinpirasi dari kondisi lautan saat ini, dimana lautan sudah tidak pedulikan lagi kebersihannya.

“Karya ini dibuat dengan teknik digital imaging atau photo composite dengan ukuran A3 pada tahun 2021,” kata Geral sapaan akrabnya, Senin (13/12/2021).

Sedangkan, rekannya bernama Fadhil membuat karya dengan judul “ Mutualism”. Karya tersebut bermakna bagaimana hubungan antara manusia dengan hewan laut (lumba – lumba).

“Lumba – lumba kerap dikaitkan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan manusia. Manusia memiliki peran yang penting dalam kelestarian lumba – lumba dan juga ekosistem dilaut yang nantinya kelak dimasa depan kelestarian laut tersebut dapat terus dirasakan oleh generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk teknik pembuatan menggunakan media tradisional seperti kertas , pensil dan pena. “Kemudian, melalui proses scan dan diwarnai menggunakan teknik digital (photoshop),” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., mengatakan, dirinya merasa bangga dan mengapresiasi atas keberhasilan yang ditorehkan oleh mahasiswanya bernama Geral dan Fadhil yang dapat mengharumkan nama Uniku di level Internasional.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Uniku di kancah internasional. Saya bangga dan penghargaan yang setinggi – tingginya atas keberhasilan yang diraih oleh ananda Geral dan Fadhil,” tuturnya.

Tito berharap, dengan diraihnya prestasi yang sangat luar biasa oleh mahasiswa FKOM Uniku, diharapkan dapat memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa FKOM Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi.

“Saya berharap, semoga akan terus lahir Geral dan Fadhil lainnya yang kembali berkarya dan berprestasi lagi kedepannya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., yang didampingi Wakil Rektor IV Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., mengatakan, pihaknya juga bangga dan sangat mengapresiasi atas keberhasilan prestasi internasional yang diraih oleh mahasiswa dari Prodi DKV FKOM Uniku.

“Alhamdulillah, saya bangga dan sangat mengapresiasi atas keberhasilan yang sangat luar biasa. Terimakasih dan saya sampaikan selamat kepada Geral dan Fadhil atas karya dan prestasi yang ditorehkan,” tuturnya.

Menurutnya, dengan keberhasilan yang sangat istimewa ini, yang kembali ditorehkan oleh mahasiswanya menjadi salah satu bukti nyata jika mahasiswa Uniku memiliki daya saing dan kualitas. “Ini mungkin salah satu bukti nyata lagi jika mahasiswa Uniku memiliki daya saing dan kualitas,” ucapnya.

Dikdik juga berharap, semua prestasi yang sudah diraih oleh mahasiswa dan mahasiswi yang cukup membanggakan dan mengharumkan nama lembaga, diharapkan dapat terus memotivasi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, keberhasilan prestasi demi prestasi ini dapat terus memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berkarya dan berprestasi lagi kedepannya,” pungkasnya. (Abel Kiranti/Humas)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!