banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

Optimis! Program Kuningan Caang 2023 Akan Segera di Realisasikan

banner 120x600

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Perhubungan akan segera merealisasikan program “Kuningan Caang 2023”. Berdasarkan hasil inventarisasi dan identifikasi terhadap ketersediaan Prasarana Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Kuningan sampai dengan periode November 2022, tercatat secara kumulatif sebanyak 10.071 Titik Cahaya (TC) dengan estimasi mencapai 4.000 Id. Pelanggan, dengan area sebaran berada di 3 (tiga) UPJ/Rayon PT. PLN (Persero) yaitu Kuningan, Cilimus dan Banjar (dalam proses Inv & Ind, red).

Ketersediaan prasarana penerangan jalan umum yang memadai dan tersebar di seluruh wilayah khususnya di Kabupaten Kuningan, bertujuan guna mewujudkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Kiranya tujuan dimaksud, dinilai tepat dan memiliki korelasi dalam rangka implementasi Visi dan Misi Kepala Daerah, yaitu upaya peningkatan kualitas dan pemerataan infrastruktur wilayah yang memadai dan tersebar diseluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, H. M. Mutofid, Minggu (11/6/2023).

Selanjutnya, kata Mutofid, melalui realisasi Program Pembangunan Prasarana Jalan pada Ruas Jalan Kota/Kabupaten dalam bentuk Kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Prasarana Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Sumber Pendanaan yang berasal dari Bantuan Keuangan (BKK) sebagaimana yang terdapat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat TA. 2023 sebesar Rp. 117 Milyar Rupiah, dengan estimasi capaian output kegiatan berupa Prasarana Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 6.500 Titik Cahaya (TC).

Berdasarkan dokumen rencana/program kerja dan Kerangka Acuan Kerja (KAK), distribusi Penerangan Jalan Umum terfokus pada upaya peningkatan jumlah ketersediaan Penerangan Jalan Umum di wialayah pedesaan/kelurahan, rencananya akan di distribusikan pada seluruh desa/kelurahan dalam wilayah Kabupaten Kuningan masing – masing 10 Titik Cahaya (TC) dengan metode rangkaian/jaringan selain objek vital pemerintah, akses wisata, ruas jalan penghubung antar desa ke desa lainnya, desa ke kecamatan lain serta titik lokasi lainnya yang dinilai membutuhkan dengan prioritas usulan kegiatan berdasarkan pertimbangan dan analisa keselamatan bagi pengguna jalan.

“Selain merealisasikan program/kegiatan dimaksud, Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan berencana meningkatkan kualitas infrastruktur penerangan jalan umum khususnya di area atau ruas jalan perkotaan dengan mengusung prinsip kolaboratif antara fungsi penerangan dan artistik melalui pengadaan dan pemasangan Prasarana Penerangan Jalan Umum Tematik bertemakan keunggulan seni dan budaya daerah. Penerangan Jalan Umum (PJU) dimaksud akan di alokasikan pada ruas jalan Siliwangi, tepatnya dari Bundaran Cijoho sampai dengan Taman Kota,” bebernya.

Dengan terealisasinya rencana/program pengadaan ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Kuningan, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan Tahun 2018 – 2023, yaitu sebanyak 26.000 Titik Cahaya dan telah direvisi menjadi 16.000 Titik Cahaya. Dan dapat disimpulkan bahwa target capaian kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan dalam rangka memenuhi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan terpilih, dapat terealisasi yaitu mencapai jumlah ketersediaan 16.000 TC pada akhir masa jabatan.

“Harapan kedepannya melalui implementasi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, yaitu dalam rangka peningkatan peran dan pemberdayaan seluruh masyarakat dapat terwujud dengan baik melalui dukungan infrastruktur wilayah yang memadai,” tutupnya. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!