banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

3 Tahun Kekeringan, Desa Cipedes “Disiram” Air

  • Bagikan

Bingkaiwarta, CINIRU – Masyarakat Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, merasa senang dan bangga dengan adanya pembangunan pipanisasi. Pasalnya, selama 3 tahun mereka mengalami kesulitan air bersih atau kekeringan.

Pipanisasi yang dibangun oleh Kodim 0615/Kuningan melalui program Serbuan Teritorial TNI AD ini awalnya dibangun sepanjang 6 km dengan mengambil air dari titik mata air Dusun Cihanjuang. Namun, seiring perjalanan waktu, panjang pipanisasi ini bertambah menjadi 12 km.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Alhamdulilah, berkat adanya bantuan dari Pak Danrem, Pak Dandim, juga Pak Bupati, sekarang Desa Cipedes tidak kesulitan air lagi. Air sudah sampai ke desa inti, ke titik titik rumah, ke bak bak penampung, ” ungkap Kepala Desa Cipedes, A Rusdiana, S. IP kepada awak media usai Peresmian Pembangunan Pipanisasi dalam Program Serbuan Teritorial TNI AD di Desa Cipedes, Jum’at (10/9/2021).

Rusdiana mengatakan, dengan adanya pembangunan pipanisasi ini, sekitar 750 rumah warga akan mendapatkan air bersih.Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kuningan, Danrem 063/SGJ, Dandim 0615/Kuningan dan seluruh jajaran atas pembangunan pipanisasi.

“Alhamdulillah mulai tahun ini kita tidak kekeringan, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini, semoga kebaikan semuanya menjadi amal soleh,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 063/SGJ Kolonel INF Elkines Villando Dewangga K, S.A.P menjelaskan, tujuan Serbuan Teritorial ini yaitu untuk mensejahterkan masyarakat. Namun, semua itu tidak akan bisa dikerjakan kalau tidak ada masukan atau ide dari masyarakat.

“Jadi, serbuan teritorial ini tidak serta merta ide kita. Tapi datang dari ide masyarakat juga. Dan, kebetulan masalah air ini adalah hal yang sangat penting. Dan, saya sampaikan ke masyarakat bahwa ide ini adalah ide Bupati Kuningan. Pak Bupati tidak ingin ada warganya yang mengalami kekeringan,” jelas Danrem yang didampingi Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan.

Danrem 063/SGJ juga berharap, dengan terealisasinya pembangunan sarana air bersih di Desa Cipedes ini, masyarakat bisa mengakses pelayanan air minum dan sanitasi berkelanjutan serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Oleh karena itu kami TNI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk sama-sama membangun desa agar pembangunan dapat dilaksanakan oleh masyarakat seluruhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati berharap, kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, agar dapat memanfaatkan dan merawat sarana ini dengan sebaik-baiknya, karena untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa air bersih, yang nantinya akan memberikan dampak positif seperti peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di lingkungan masyarakat, serta mengembangkan sanitasi lingkungan.

“Saya juga berharap agar sinergitas antara pemerintah daerah Kabupaten Kuningan dengan jajaran Kodim 0615/Kuningan akan terus terjalin dengan baik. Insya Allah saya akan mendukung setiap program kegiatan yang digagas oleh rekan-rekan TNI sekalian,” ungkap Bupati Acep.

Selanjutnya, Ia menyampaikan, serbuan teritorial ini merupakan pola pembinaan untuk optimalisasi program yang telah dilaksanakan selama di wilayah Indonesia, dengan  memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat, dan kondisi juang guna menciptakan suasana yang kondusif.

“Terima kasih saya haturkan kepada jajaran TNI atas terselenggaranya kegiatan Serbuan Teritorial pada siang ini. Di mana tujuan dari kegiatan ini merupakan sebuah pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan nasional demi membantu mengatasi kesulitan rakyat. Melalui Serbuan Teritorial TNI juga saya rasa akan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ucapnya.

Acara peresmian pembangunan pipanisasi dalam program Serbuan Teritorial TNI AD di Desa Cipedes ini diisi dengan pemberian sembako kepada warga setempat. (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!