banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250


banner 728x250

ASA Latih dan Bekali 675 Calon Wisudawan Uniku

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Universitas Kuningan (Uniku) melalui Kantor Pusat Bimbingan, Konseling, Karir dan Kesehatan (KPBK3) menyelenggarakan kegiatan assessment dan pembekalan bagi calon wisudawan dan wisudawati. Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama dua (2) hari itu, dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I yang bekerjasama dengan ASA.

“Ini merupakan salah satu bagian program kerja dari KPBK3 yang bertujuan untuk mempersiapkan calon lulusan agar siap bekerja, karena didalamnya ada bimbingan dan pelatihan,” kata Kepala Kantor Pusat Bimbingan Konseling Karir dan Kesehatan (KPBK3) Dr. Dadang Solihat, M.Pd. BI., saat dimintai keterangannya usai acara pembukaan, Rabu (3/08/2022).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Menurutnya, program ini diwajibkan kepada seluruh mahasiswa calon wisudawan Uniku dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

“Bukan hanya itu saja mungkin tujuannya, namun kegiatan ini juga untuk memahami potensi diri serta menyiapkan softskills yang diperlukan dalam dunia kerja, sehingga menjadikan setiap calon wisudawan siap bekerja, mmiliki kepercayaan diri, mengetahui nilai serta potensi pada diri, berjiwa kewirausahaan dan berkesempatan besar untuk melamar ke berbagai perusahaan,” ujarnya.

Diterangkannya, ada 675 peserta yang mengikuti kegiatan pada hari ini, mereka dibagi menjadi dua (2) sesi. “Hari ini dari Fakultas Kehutanan (FHUT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Hukum (FH). Kemudian besok ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) dan Sekolah Pascasarjana,” terang dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Dadang berharap, mudah – mudahann teman – teman yang sekarang ada hadir disini, diharapkan nanti untuk dapat mengisi google form tracer study yang dikeluarkan oleh KPBK3 Uniku.

“Semoga, teman – teman mendapatkan pekerjaan dan walaupun sudah bekerja juga nantinya diharapkan untuk tetap mengisi tracer study. Ini buat akreditasi institusi,” harapnya.

Diakhir keterangannya, Dadang yang juga mantan Wakil Dekan I FKIP, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Terimakasih rekan – rekan panitia atas segala dukungan dan supportnya. Semoga, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Tak lupa, saya sampaikan ucapan selamat datang CEO ASA bersama tim di kampus Uniku,” pungkasnya.

Sedangkan, Ceo ASA untuk pendidikan Nurul muhaimin, menyampaikan, apresiasi dan ucapan terimakasih atas kepercayaan Uniku kepada kami, yang telah mengundang kami untuk berbagi ilmu dan pengalamannya bagi teman – teman calon wisudawan Uniku.

“Terimakasih atas kerjasama dan kepercayaannya yang telah diberikan kepada kami,” ucapnya.

Menurutnya, kedepan tantangan akan semakin berat dan penuh dengan persaingan. “Untuk itu, kegiatan seperti ini dapat bermanfaat bagi para calon wisudawan untuk diterima di dunia kerja. Saya sampaikan selamat mengikuti kegiatan pembekalan dan assessment hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., menyampaikan, ucapan selamat kepada para peserta yang mana calon wisudawan yang sudah lulus dan menempuh pendidikan selama kurang lebih 4 tahun. “Saya sampaikan selamat kepada para calon wisudawan. Ini penantian setelah mengenyam pendidikan selama kurang lebih empat (4) tahun di kampus, sekarang sedikit lagi rekan – rekan akan dilepas dan disahkan sebagai lulusan dari kampus pertama di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah lulus, bukan berarti hubungan kita sudah putus sampai disni. “Namun, hubungan itu harus tetap terjalin terus dimanapun nanti rekan – rekan berada, hubungan kampus harus tetap terjaga,” ujarnya.

Menurutnya, hari ini KPBK3 menjelang wisuda menyelenggarakan kegiatan seperti ini. “Ini salah satu langkah untuk mempersiapkan lulusan untuk terserap di lapangan kerja. Karena, salah satu indikator dari penguruan tinggi adalah bagaimana lulusan kita mendapatkan pekerjaan yang layak,” imbuhnya.

Diterangkannya, ada tiga (3) komponen lulusan yang dianggap berhasil. “Pertama. seberat banyak lulusan yang diserap industri. Kemudian, seberapa banyak lulusan yang berwirausaha dan terakhir, seberapa banyak untuk lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” terangnya.

Dikdik berpesan, tolong nanti isi form tracer studi yang dikeluarkan oleh KPBK3. “Karena satu tahun kedepan akan di tracer studi, diisi sesuai dengan keadaan. Informasi itu sangat penting bagi kami untuk mengidentifikasi. Masih banyak lulusan yang masih menggangap tidak peduli terhadap tracer studi,” pesannya.

Dijelaskannya, mengapa harus mengisi tracer studi? Karena untuk kepentingan akreditasi maupun kepentingan yang lainnya, karena ini juga yang menjadi salah satu IKU dari perguruan tinggi.

“Saya berpesan, tolong diisi yah tracer studinya nanti yang akan dikeluarkan oleh KPBK3. Karena data tersebut sangat bermanfaat untuk Uniku, Fakultas dan Prodi. Harapannya adalah saudara – saudara akan sukses ketika mengikuti kegiatan seleksi di perusahaan atau industry maupun berwirausaha. Semoga rekan – rekan sukses dimanapun bekerjanya, dan jangan lupa terhadap alamamater. Jangan lupa nanti isi form kusioner yang dikeluarkan oleh KPBK3,” jelasnya. (Abel) 


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!