banner 728x250
banner 728x250 banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

Dinas Koperasi dan UMKM (Diskuk) Jawa Barat Kunjungi Desa Kreatif Bojong Wangunan

banner 120x600

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Desa Kreatif Bojong Wangunan, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, telah menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan UMKM (DISKUK) Jawa Barat, pada Selasa (18/7/2023).

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas, Dr. Tatang Suryana S.Si.,M.Si, yang juga mengundang para kepala bidang yang bertanggung jawab atas UMKM dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tak hanya itu, para pendamping UMKM Jabar Juara dari seluruh Jawa Barat juga turut diundang dalam acara kunjungan ini. Pengunjung yang berjumlah sekitar 60 orang tersebut, disambut dengan seni tradisional pencak silat, juga pengalungan kain batik khas Kuningan.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk memberikan inspirasi dan dukungan dalam pemberdayaan UMKM hingga ke pelosok. Desa Kreatif Bojong Wangunan dianggap sebagai model inovatif yang bisa diadaptasi di masing-masing daerah di Jawa Barat untuk meningkatkan sektor UMKM secara keseluruhan.

“Yang pertama, ini sangat menginspirasi, karena merupakan salahsatu bagian dari, bagaimana kita sharing pemberdayaan UMKM sampai ke pelosok-pelosok. Jadi, kita juga mengundang para kepala bidang yang membidangi UMKM seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat, dan para koordinator pendamping UMKM Jabar Juara, ini untuk bisa mereplika, mengimplementasikan, karena ini merupakan salahsatu inovasi yang bisa diterapkan di masing-masing daerah untuk memberdayakan UMKM,” ungkap Tatang, Sekertaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil kepada bingkaiwarta.co.id, Kamis (20/7/2023).

Tatang menghimbau kepada Pemerintah Daerah, untuk meningkatkan dukungan dari pemerintah daerah. Dengan meningkatkan dukungan ini, diharapkan UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Selain itu, pemerintah provinsi juga berkomitmen untuk membantu mempromosikan program wisata UMKM Desa Kreatif Bojong Wangunan ke luar daerah, bahkan hingga mancanegara. Upaya ini bertujuan agar Desa Kreatif Bojong Wangunan semakin dikenal lebih luas.

“Yang jelas dukungan dari pemerintah daerah juga harus lebih ditingkatkan, kita bantu untuk promosi keluar daerah, luar provinsi, maupun ke mancanegara , supaya kunjungan ke Bojong ini akan lebih banyak lagi,” terang Tatang.

Sementara itu, Adnan, Kepala Desa Kreatif Bojong Wangunan, merasa bangga dan bersyukur menjadi tuan rumah bagi rombongan besar dari Dinas Koperasi dan UMKM. Kunjungan ini menjadi pengakuan atas usaha keras dan kreativitas pemerintah desa dan warga desa dalam mengembangkan UMKM.

“Alhamdulillah dengan kunjungan hari ini, saya merasa senang dan merasa bangga, ketika desa bojong, yang sekarang lagi dikembangkan UMKM-nya mendapat kunjungan. Ini membuat kami lebih termotivasi untuk terus mengembangkan dan meningkatkan para pelaku UMKM kedepannya. Terimakasih kepada Diskuk Jabar, dan juga kepada semua yang hadir, yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk dikunjungi” ungkap Adnan.

Adnan juga berharap, agar pemerintah, selain pemerintahan desa, dapat memberikan dukungan lebih kepada program peningkatan UMKM di Desa Kreatif Bojong, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Desa Kreatif Bojong Wangunan.

“Saya sangat berharap kepada pemerintah, diluar pemerintahan desa untuk lebih memberikan perhatian. Selama ini kami dari pemerintahan desa bersama pelaku UMKM, bekerja keras untuk mewujudkan kemajuan UMKM di Desa Bojong, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat terus hadir, setidaknya untuk memberikan motivasi secara berkelanjutan, baik dengan pembinaan-pembinaan atau memberikan bantuan sarana prasarana,” lanjutnya.

Program Wisata UMKM yang dicetuskan Pemerintah Desa Kreatif Bojong Wangunan yang bersinergi dengan komunitas UMKM yang diketuai oleh Amaar Thohir, yang juga merupakan UMKM terbaik se-Jawa Barat untuk kategori minuman dalam ajang Jabar Juara Award 2022 ini, juga diharapkan akan mendorong pemberdayaan UMKM di Jawa Barat, khususnya di Desa Kreatif Bojong Wangunan.

Dengan sinergi antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan para pelaku UMKM, diharapkan sektor UMKM dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat secara keseluruhan. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!