banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

HPPI Sosialisasikan Kenyamanan dan Keselamatan Saat Berkendara

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Sejumlah supir di Kuningan mengikuti sosialisasi tentang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, yang digelar oleh Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (DPC – HPPI) Kuningan, Selasa (21/06/2022).

Ketua DPC HPPI Kuningan, Dadi menuturkan, HPPI merupakan wadah untuk kenyamanan dan keselamatan seseorang yang berprofesi sebagai sopir. Sehingga saat menjalankan kendaraan bermotor angkutan berikut sopir tidak perlu khawatir dengan kejadian tak terduga.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Intinya sosialisasi HPPI ini sebagai media untuk tertib lalulintas. Terutama para sopir yang biasa beroperasi atau saat mendapat orderan untuk mengemudi,” tutur Dadi kepada awak media.

Menurutnya, HPPI merupakan lembaga resmi yang bisa mengeluarkan sertifikat bagi profesi sopir. Sebab, pemenuhan sertifikat itu menjadi salah satu persyaratan bagi profesi sopir dalam mengembangkan karir.

“Ya untuk sertifikat sopir yang dikeluarkan HPPI. Ini resmi menjadi salah satu syarat bagi sopir saat mengikuti tes PPPK (Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak), bahkan ketentuan sertifikat sopir itu menjadi syarat sah, ketika sang sopir ini mau kerja ke luar negeri,” ujarnya.

Dadi mengatakan, dalam HPPI sudah otomatis bahwa sopir yang bergabung itu mendapat fasilitas jaminan keselamatan melalui asuransi Jasa Raharja. “Ya untuk klaim asuransi Jasa Raharja, ini anggap ketika terjadi papait atau peristiwa tak terduga hingga harus mengeluarkan biaya banyak. Kemitraan dengan Jasa Raharja, tentu sebagai media kemudahan dalam membantu profesi sopir saat terjadi kecelakaan tunggal misalnya,” terangnya.

Lebih jauh Dadi menjelaskan, komitmen HPPI yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, ini untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi pada setiap tahunnya. Selain itu, sebagai media komunikasi dalam meningkatkan kualitas pendapatan bagi Profesi Sopir.

“Kehadiran HPPI tentu untuk memberikan kenyamanan dan kesejahteraan. Terutama ketika profesi sopir itu tidak mendapat keadilan sesuai dari kerja keras. Nah, siapa sih kategori pengemudi, untuk kategori pengemudi itu mereka yang biasa membawa kendaraan bermotor termasuk nelayan atau pemilik usaha perahu wisata di mana pun berada,” jelasnya.

Menyinggung soal penertiban berlalu lintas dan menekan terhadap kecelakaan terjadi, Dadi menyebut di Kuningan ada sebanyak 80 unit kendaraan yang belum melegalkan usahanya di bidang transportasi. “Untuk jasa transportasi belum legal atau travel gelap, di Kuningan ada 800 unit kendaraan dan mereka bersedia untuk melegalkan usahanya, serta bergabung dalam HPPI,” katanya.

Ia berharap kedepannya kalangan sopir itu harus mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan profesi. Tujuan ini diberikan sebagai syarat sah dalam mengeluarkan sertifikat bagi seseorang yang berprofesi sopir. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!