banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

Kabupaten Kuningan Raih Sertifikat Adipura Kategori Kota Kecil dari KLHK

banner 120x600

Bingkaiwarta, JAKARTA – Upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk kembali meraih penghargaan Kabupaten bersih mulai membuahkan hasil, dengan diterimanya sertifikat Adipura kategori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penyerahan Sertifikat Adipura ini langsung diberikan oleh Menteri LHK RI, Prof DR Siti Nurbaya MSc kepada Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, S.H, M.Si di Aula Manggala Wanabakti Gedung Kantor Kementerian LHK, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Dengan sertifikat ini, Kabupaten Kuningan selangkah lagi akan menerima Piala Adipura sebagai Kota Kecil Bersih di Indonesia.

“Alhamdulillah Kabupaten Kuningan menjadi salah satu titik pantau adipura tahun 2022, dari 15 kab/kota di Jawa Barat dan dari hasil pengumuman penerima penghargaan adipura, yang mendapatkan penghargaan sebanyak 258 kab/kota se Indonesia atau sekitar 52% dan Kabupaten Kuningan salah satunya.” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wawan Setiawan S. HUT, MT.

Menurutnya, ini menjadi awal menuju penghargaan yang lebih tinggi yaitu anugerah adipura sambil terus berbenah dalam hal pengelolaan sampahnya terutama di TPA.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, S.H, M.Si mengatakan sertifikat Adipura ini merupakan langkah kita bersama untuk memperoleh hasil yang lebih baik kedepannya, terutama dalam masalah kebersihan di Kabupaten Kuningan. Tentunya kita juga perlu partisipasi aktif dari masyarakat untuk kepedulian lingkungan, agar Kabupaten Kuningan lebih nyaman kedepannya.

Lebih lanjut Wabup Edo menyebutkan untuk meraih Piala Adipura, masih ada perbaikan dan langkah – langkah yang harus terus diupayakan. Namun upaya tersebut tidak cukup dilakukan oleh pemerintah saja, perlu dukungan masyarakat Kabupaten Kuningan sendiri. “Gerakan kita harus masif, jaga lingkungan kebersihan mulai dari rumah sendiri dulu. Dengan demikian tahapan kita untuk meraih tingkatan Adipura bisa dicapai,” ujarnya.

Sertifikat Adipura yang diterima ini merupakan bentuk apresiasi dan penilaian bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi yang diperoleh Kabupaten Kuningan dalam menciptakan Kota Kecil Bersih. Ini membuktikan bahwa upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memfasilitasi terkait kebersihan lingkungan serta peran masyarakat akan lingkungannya sudah meningkat.

“Langkah selanjutnya, kita akan melalukan pembenahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), upaya pengurangan produksi sampah seperti, program bank sampah, kompos, pengurangan sampah plastik dan pemilihan sampah,” tandasnya.

Selanjutnya pihaknya juga ingin ada peran serta dan kepedulian dari masyarakat supaya pengelolaan sampah bisa lebih baik. Kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah sangat penting.

“Untuk mendukung hal ini, kita mengintruksikan pihak DLHK, Kecamatan dan Kelurahan untuk sosialisasikan kepada masyarakat. Kita tak sekedar mengejar Piala Adipura, namun bagaimana Kota Kuningan kecil yang kita cintai ini bisa lebih nyaman, asri dan bersih. Adipura ini bukan untuk saya, tapi untuk Kabupaten Kuningan yang kita cintai,’’ pungkas Wabup. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!