banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

KPU Kuningan Berikan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Penulisan Artikel

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Setelah melewati sejumlah tahapan, lomba penulisan artikel demokrasi yang digelar KPU Kuningan akhirnya mecapai puncaknya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93. Para pemenang untuk dua kategori meliputi kategori SLTA/Sederajat dan Pemuda/Mahasiswa telah menerima hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Hadiah diberikan usai upacara HSP di Halaman Kantor KPU Kuningan, Kamis (28/10/2021) pagi.

Para pemenang lomba ditentukan berdasarkan hasil penilaian objektif dewan juri yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Dr Iman Subasman M.Si, Kaprodi MPAI Pascasarjana UNISA Kuningan, Dr Fahruz Zaman M.Pd Dosen Universitas Kuningan dan Nanan Abdul Manan M.Pd Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Total naskah artikel yang masuk sebanyak 87 naskah. Sebelum kami lakukan penilaian, terlebih dahulu dilakukan screening naskah dengan menggunakan plagiarism checker. Tujuannya agar dari lomba ini dapat ditemukan gagasan-gagasan orisinil yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiyah,” ucap salah seorang dewan juri, Nanan Abdul Manan.

Untuk kategori SLTA/Sederajat, juara 1 diraih oleh Aisyah siswi MA Mursyidul Falah. Juara 2 diraih Sarah Afina Anwar dan juara 3 diraih Nasywa Rafif Salimah, keduanya adalah siswi SMA IT Al-Multazam. Sedangkan untuk kategori Juara I Willy Setiaza Permana mahasiswa Universitas Kuningan, juara II Sri Melynda Hartini aktivis PC PMII Kuningan, dan Juara 3 Amoreyza Etniko aktivis Keluarga Mahasiswa Kuningan (KAMUNING) UIN SGD Bandung).

“Lomba penulisan artikel ini baru pertama kali digelar oleh KPU Kuningan. Untuk sementara pesertanya dari kaum millennial dan kalangan generasi muda. Kebetulan ada moment Hari Sumpah Pemuda ke-93. Selamat kepada para pemenang dan seluruh peserta yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kata Anggota KPU Kuningan Divisi Sosdiklih, Dudung Abdu Salam.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi, menjelaskan kegiatan lomba artikel demokrasi ini digelar sebagai ikhtiar membumikan pemahaman demokrasi kepada generasi millenial. Menurutnya, dengan cara menulis artikel generasi muda dapat mengasah kemampuan menuangkan gagasan. Utamanya gagasan yang berdampak positif bagi peningkatan kualitas kehidupan berdemokrasi.

“Kami meyakini karya tulis yang dibuat oleh peserta lomba ini cepat atau lambat akan menjadi catatan penting dalam perjalanan sejarah demokrasi, khususnya di Kabupaten Kuningan. Melalui artikel yang dikirim oleh peserta lomba ada optimisme kelak akan terus tumbuh kesadaran generasi muda dalam menjunjung hak dan kewajibannya sebagai warga Negara,” tandasnya.

Atas suksesnya tahapan lomba pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung. Dirinya bertekad menggelar lomba ini secara rutin setiap tahun agar tradisi menulis terus berkembang di kalangan generasi muda Kuningan.

“Terima kasih kepada jajaran anggota dan sekretariat KPU Kuningan, atas kerja keras dan dedikasinya dalam mengawal tahapan lomba artikel. Juga kepada Dewan Juri, Kepala KCD Pendidikan Wilayah X Jabar, pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua PGRI, Ketua PGMI, Ketua MKKS SMA/SMK/MA, MGMP PKN SMA/SMK/MA, Pembina OSIS SMA/SMK/MA, Ketua KNPI, Ketua FKT, serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan lomba penulisan artikel demokrasi yang kami gelar,” ucapnya. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!