banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250


banner 728x250

Peringatan HANI 2022, Kerja Cepat dan Kerja Hebat dalam Memberantas Narkoba

  • Bagikan

Sudah menjadi hal yang wajib setiap tanggal 26 Juni di peringati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang diperingati oleh seluruh dunia. Peringatan dan penetapan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkoba sedunia ini disepakati oleh United Nation Office on Drugs and Crime (UNODC) pada tanggal 26 Juni 1988.

Perayaan hari HANI dilaksanakan setiap tahun, guna memperkuat aksi secara universal dan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Pada tahun 2006, UNODC mengeluarkan tema HANI ” Do drugs control your life. Your Community. No Placefor drugs.”

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Kampanye anti Narkoba selama tiga tahun memfokuskan pada aspek berbeda dalam hal penanggulangan Narkoba yaitu pada 2007, tentang penyalahgunaan Narkoba, lalu pada tahun 2008 tentang produksi Narkoba, dan pada tahun 2009 tentang peredaran gelap Narkoba.

BNN sebagai leading sector hadir untuk terus melakukan berbagai upaya untuk melindungi masyarakat Indonesia dan generasi muda dari penyalahgunaan Narkoba.

War on Drugs sendiri, seperti diutarakan Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Republik Indonesia Petrus Reinhard Golose, bahwa upaya penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan IT.

Dengan tagline baru, yaitu War on Drugs, Petrus Golose menegaskan perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right, dan sesuai koridor penegakkan hukum yang profesional dan proporsional

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2022 peringatan hari HANI kembali akan dilaksanakan. Perayaan yang dilaksanakan tentunya bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba sekaligus bertujuan untuk membangun kesadaran semua pihak bahwa narkoba adalah barang yang berbahaya apabila disalahgunakan.

Terlebih, masih adanya ketidakpahaman masyarakat mengenai narkoba dan resikonya dapat menjadi celah para bandar dalam memasarkan dan memasok barang haram dan berbahaya tersebut. Sehingga, perlu disadari momentum peringatan hari HANI tahun 2022 pencegahan dan penyuluhan serta informasi kepada semua kalangan mengenai bahaya peredaran gelap dan penyalagunaan narkoba harus masif dilakukan.

Strategi yang sifatnya edukatif harus direncanakan, diadakan, dan dilaksanakan secara intensif guna menghasilkan kehidupan sosial yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. tentunya dengan cara kerja cepat dan kerja hebat.

“Kerja Cepat dan Kerja Hebat dalam Memberantas Narkoba” merupakan Tema yang diusung pada Hani tahun ini, harus dilakukan dengan melakukan tindakan preventif dan edukatif,

Dalam rangka perang melawan narkoba, arah kebijakan yang diambil Petrus Golose adalah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika, dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional

Sebagai implementasi dari P4GN, Petrus memaparkan sejumlah program baik dari sisi pencegahan seperti desa bersinar, hingga langkah pemberantasan seperti interdiksi terpadu. Dalam perspektif BNN, semua upaya yang dilakukan harus dari hulu ke hilir secara simultan.

Disamping itu menurutnya, tindakan hukum juga perlu dilakukan pada para bandar narkoba untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku narkoba, terutama terhadap orang-orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba, karena percuma apabila dalam proses penindakan hukum hanya diberikan pada satu objek saja (pelaku) tanpa memberikan hukuman bagi  orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba.

Pemberantasan narkoba di Indonesia akan tercapai manakala kerja cepat dan kerja hebat dalam penanggulan narkoba terealisaikan dengan baik dan nyata. Harapan Indonesia bersinar (bersih narkoba) akan nyata jika kita sama-sama bahu membahu, saling mendukung, serta berkomitmen dalam melawan dan memberantas narkoba di Indonesia. (hms BNNK)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!