banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

Permintaan Jaminan APBN Dari CDB Atas Hutang Proyek Kereta Api Cepat Harus Ditolak

banner 120x600

Oleh: Achmad Nur Hidayat | Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute

Proyek kereta cepat semakin hari semakin memperlihatkan betapa serampangannya rezim ini dalam membuat kebijakan. China Development Bank (CDB) menetapkan interest rate atau tingkat suku bunga sebesar 3,4% atas pinjaman Rp8,3 triliun yang diajukan pemerintah Indonesia untuk membiayai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung .

banner 728x250
banner 336x280
banner 336x280

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia masih terus bernegosiasi terkait dengan tingkat suku bunga pinjaman tersebut.

CDB meminta pembayaran utang tersebut dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jika permintaan ini disanggupi maka ini berbahaya bagi negara.

Jika CDB meminta hal tersebut pemerintah tidak boleh seenaknya menyanggupi karena rakyat yang akan menanggung bebannya, untuk itu MPR harus mengadakan sidang MPR sebagai bentuk izin kepada rakyat.

Jika APBN dijadikan jaminan tambalan pembiayaan bagi proyek yang kontroversial ini maka akan sangat banyak program yang semestinya diprioritaskan menjadi tidak terbiayai. Dengan beban fiskal yang besar dan menjadi beban dalam waktu yang panjang maka akan membuat kondisi ekonomi Indonesia semakin terpuruk.

Hal ini sudah diperingatkan oleh Ignasius Jonan ketika menjadi menteri Perhubungan yang meminta agar tidak ada pembangunan kereta cepat di Pulau Jawa walaupun pinjaman luar negeri yang disampaikan dalam rapat bersama DPR di Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Sangat miris jika negara ini dikelola oleh SDM yang tidak mumpuni sehingga membuat bangsa ini tampak konyol dalam proyek kontroversial ini.

Bagaimana tidak? Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulanya diperkirakan akan menelan biaya Rp86,67 triliun ternyata terjadi pembengkakan atau kelebihan biaya (cost overrun) menjadi Rp114,24 triliun pada tahun 2021. Kemudian naik lagi menjadi 131 triliun dan sekarang ada tambahan lagi sebesar US$1,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

Dengan perhitungan bunga 3,4% dan jumlah hutang yang sudah menggunung tersebut membuat Indonesia akan terbebani hutang hingga 80 tahun. Artinya generasi mendatang akan mewarisi hutang-hutang ini yang hasilnya belum tentu dapat mereka rasakan dikemudian hari.

Proyek KCJB ini sudah sangat clear merupakan proyek jebakan hutang China sehingga siapapun yang terlibat dalam memutuskan pembangunan KCJB ini harus diseret ke meja hijau. Sebab jika APBN dijadikan jaminan maka Indonesia harus bersiap menghadapi turbulensi yang masif dikemudian hari.
Sangat miris negeri ini jika pembangunan yang dilakukan hanya untuk gagah-gagahan tanpa melalui kajian yang layak.

Jebakan hutang China ini membuat citra Indonesia tampak bodoh di mata Internasional.

Pemerintah harus secara transparan menjelaskan kepada publik mengenai kemana sajakah dana KCJB ini di alokasikan. Perencanaan dan pelaksanaan proyek KCJB ini harus dievaluasi walaupun proyek ini dinyatakan rampung.


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!