banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

Si BaDU miRakyat Lolos Seleksi Administrasi KIPP

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Aplikasi Bank Data Pelaku Ekonomi Kerakyatan (Si BaDU miRakyat) lolos seleksi administrasi KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Adapun tema yang diusung pada tahun ini adalah Percepatan Reformasi Birokrasi melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital yang Diwujudkan dalam Inovasi Pelayanan Publik Menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sekretaris Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, Hj Sri Sunarsih, M. Pd mengungkapkan, pada ajang KIPP 2022 ini, Diakppdagperin Kuningan mengajukan inovasinya yakni Si BaDU miRakyat. Dan, salah satu syaratnya adalah selaras dengan tema KIPP 2022.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Alhamdulillah, Diskopdagperin dengan inovasinya Si BaDU miRakyat merupakan satu-satunya inovasi yang telah lolos seleksi Administrasi KIPP 2022 mewakili Pemerintah Kabupaten Kuningan. Semoga dengan dukungan berbagai pihak inovasi ini dapat lolos ke tahap berikutnya,” ungkap Sekdis Kopdagperin, Sri Sunarsih kepada bingkaiwarta.co.id, Senin (23/05/2022).

Sri mengatakan, sejak tahun 2021 dan awal 2022 sudah ada beberapa pemerintah daerah kab/kota dalam maupun luar provinsi Jawa Barat mengadakan study banding ke Diskopdagperin Kuningan terkait aplikasi tersebut. Bahkan, kata Sri, rencananya bulan Juni 2022 Diskopdagperin akan menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam  terkait dengan inovasi aplikasi si BaDu miRakyat dengan pengembangan UMKM di Kabupaten Kuningan.

“Kami berharap ke depannya aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan informasi,” ujarnya.

Terpisah, Kabid UMKM Perindustrian, Alvin Fitranda, ST, MSi  menjelaskan, bahwa sesuai arahan dan keinginan Kadis Kopdagperin selaku inovator Si BaDu miRakyat, tim Diskopdagperin sedang berproses menambahkan fitur fitur yang mendukung fitur fitur yang sudah dikembangkan sebelumnya pada aplikasi Si BaDU miRakyat yang telah di launching pada 31 Maret tahun 2021 lalu.

Sebagai Bank Data Pelaku Usaha Ekonomi Kerakyatan, Si BaDU miRakyat sekarang telah dikembangkan dengan ada tambahan fitur seperti Fasilitasi Legalitas Produk, E-Katalog Produk UMKM, dan Daftar Harga Komoditas Pasar Rakyat.

“Setelah berjalah lebih dari 1 tahun aplikasi ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh stakeholder pengampu pengembangan dan pemberdayaan Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian. Data KUMKM yang dinamis pada aplikasi ini (https://bankdata.wimarket.id ) telah digunakan sebagai bahan informasi dasar KUMKM serta dapat melihat karakteristik usaha/perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan,” jelas Alvin. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!