banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

Si Nyaman Dinsosku Tingkatkan Pelayanan Publik Yang Prima

  • Bagikan

Bingkaiwarta, CIDAHU – Untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan berupa KIP, KIS, BPJS Kesehatan, Cek DTKS, JAMKESDA, JAMPERSAL, SKTM, Dinas Sosial
Kabupaten Kuningan meluncurkan aplikasi Si Nyaman Dinsosku.

Kepala Dinas Sosial Dr. H Deni Hamdani menjelaskan, program ini adalah sebuah upaya memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya dari Pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian lebih yaitu masyarakat menengah kebawah yang butuh tanda tangan dari kita untuk keperluan terkait KIP, JAMKESDA, BPJS dan yang lainnya.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Kita sebagai pemerintah lewat Dinas Sosial hanya sebatas tanda tangan saja harus datang ke Dinsos, berarti nilai kepamongan kita terhadap masyarakat kurang maksimal. s
Sehingga kita mencari solusi agar masyarakat cukup datang ke desa atau kecamatan, semuanya bisa terlayani dengan maksimal. Aplikasi Sinyaman Dinsosku ini bisa diakses di kecamatan dan desa desa,” jelas Deni saat acara Lounching Si Nyaman Dinsosku di Desa Jatimulya, Kecamatan Cidahu, Rabu (25/05/2022).

Deni berharap dengan kemajuan teknologi semua bisa dilaksanakan dengan online dan cepat dengan adanya Aplikasi Si Nyaman Dinsosku yang telah mendapatkan legalitas dari badan sertifikat sandi dan tim siber nasional serta para operator yang sudah dibekali sehingga paham dengan adanya aplikasi ini.

“Dan, aplikasi ini terkonekting dengan Dinkes dan seluruh rumah sakit yang berada di Kuningan, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Dinsos hanya untuk menandatangani, jadi hanya ke desa dan kecamatan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” terangnya.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyampaikan, salah satu tugas aparat adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat terlebih sekarang ini kita sudah berada pada era digitalisasi, tentunya harus dibarengi dengan kesiapan dan kesigapan seluruh aparatur pemerintahan dalam peningkatan kapasitasnya, baik skill, attitude, maupun knowledge.

Peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat akan terus menjadi komitmen dan prioritas dari Pemerintah Kabupaten Kuningan di seluruh bidang dan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut.

“Saya akan terus mendorong seluruh perangkat daerah, SKPD, stakeholder sampai dengan pemerintahan desa supaya peka, gerak cepat dalam menyikapi berbagai permasalahan di masyarakat,” ujarnya.

Si Nyaman Dinsosku ini sangat mendukung dan akan mendorong inovasi hasil putra asli Kuningan untuk dikembangkan lebih optimal lagi dan terintegrasi dengan seluruh SKPD se-Kabupaten Kuningan. Fiturnya dilengkapi sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Kuningan.

“Hal ini penting supaya dengan fitur yang lengkap tersebut akan menghasilkan data yang lengkap dan pada akhirnya akan memudahkan Pemerintahan Kabupaten Kuningan bisa menyelesaikan permasalahan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan secara efektif dan efisien,” imbuhnya.

Dia menambahkan, Program Si Nyaman Dinsosku ini sangat sesuai dengan visi Kuningan yaitu Kuningan Maju Berbasis Desa pada tahun 2023, karena dalam Aplikasi Si Nyaman Dinsosku ini warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan surat keterangan miskin, pelayanan Jamkesda, surat terdaftar dalam DTK, kepesertaan JKN Mandiri dan PBI, Reaktivasi BPJS, surat kematian kepesertaan JKN PBI, Pendaftaran KIP, surat keringanan biaya perceraian dan lain-lain tidak perlu datang jauh-jauh hanya untuk sebuah tanda tangan dan pelayanan dari Dinas Sosial Kuningan.

“Kini masyarakat tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit, Dinas Kesehatan atau ke BPJS yang mengakibatkan pengeluaran besar bagi warga tersebut. Masyarakat hanya datang ke balai desa dan dilayani oleh operator di desa dengan waktu singkat masyarakat akan mendapatkan kebutuhan yang diperlukan,” tuturnya. 

Pelayanan berbasis online Si Nyaman Dinsosku  ini semuanya sudah terintegrasi dan terkoneksi dengan seluruh stakeholder yang membutuhkan baik itu dengan Dinas Kesehatan, BPJS, Dinas Pendidikan, seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta dan pihak – pihak lainnya. Disamping itu, Si Nyaman Dinsosku ini menunjukan sebuah komitmen pemerintah Kabupaten Kuningan dalam peningkatan pelayanan publik yang prima.

“Dengan aplikasi ini akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good government maupun penyelenggaraan manajemen pemerintahan yang akuntabel, demokrasi, efisien atau dikenal istilah good governance,” pungkasnya. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!