banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

Terbaik Tingkat Kabupaten, Posyandu Desa Cisantana Siap Berlaga di Tingkat Jabar

banner 120x600

Bingkai warta, KUNINGAN – Posyandu Dahlia Desa Cisantana Kecamatan Cigugur telah memperoleh penghargaan sebagai Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2023. Pengumuman ini disampaikan oleh Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Ketua Pokjanal Posyandu Kabupaten Kuningan yang juga Sekda Kabupaten Kuningan, dalam Rapat Persiapan Seleksi Administrasi Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Ruang Rapat Linggajati, Senin (3/7/2023).

Dalam rapat tersebut, Dr. Dian Rachmat Yanuar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Tim Pelaksana Lomba Posyandu atas kerja keras dan dedikasinya. Ia juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Posyandu Dahlia Desa Cisantana yang berhasil meraih Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten Kuningan. Posyandu ini akan mewakili Kabupaten Kuningan dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Posyandu Dahlia Desa Cisantana terpilih sebagai Posyandu Terbaik berdasarkan keberhasilan dalam meningkatkan kinerja Posyandu, integrasi dengan Pokja Posyandu Desa/Kelurahan, Pokjanal Posyandu Kecamatan, dan Pokjanal Posyandu Kabupaten. Selain itu, kontribusi dari TP PKK Kabupaten Kuningan, SKPD, Perguruan Tinggi, Lembaga Sosial Kemasyarakatan, dan Dunia Usaha juga turut mendukung perkembangan Posyandu tersebut,” ungkap Sekda Kuningan.

Dia juga menyampaikan, bahwa posyandu di Kabupaten Kuningan telah mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah Posyandu Mandiri meningkat dari 344 pada tahun 2019 menjadi 690 pada tahun 2022, dengan presentasi Posyandu Mandiri mencapai 48%. Hal ini menunjukkan komitmen dan upaya keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat.

“Posyandu Dahlia Desa Cisantana tidak hanya berhasil sebagai Posyandu Terbaik di tingkat Kabupaten Kuningan, tetapi juga telah mengembangkan inovasi dalam pelayanan Posyandu. Kabupaten Kuningan telah banyak mengembangkan Model Posyandu Maju yang mengintegrasikan layanan sosial dasar dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat,” jelas Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, juga memberikan penjelasan terkait persiapan dan kriteria yang harus dipenuhi oleh Posyandu untuk mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Dalam usulan tersebut, Posyandu Dahlia Desa Cisantana telah memenuhi syarat sebagai Juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kuningan, dengan jumlah sasaran tercatat sebanyak 115 orang.

Dudi juga menyoroti pentingnya kelengkapan administrasi Posyandu, kompetensi pengurus Posyandu, Pokja Posyandu Desa, Pokjanal Posyandu Kecamatan, serta isu kesehatan, kependudukan, dan KB yang perlu ditangani dengan data dan informasi yang akurat.

Selain itu, Dudi juga mengungkapkan, bahwa Desa Cisantana dan Kecamatan Cigugur memiliki potensi yang dapat menjadi modal dasar dalam pengembangan inovasi Posyandu. Dan Faktor seperti lokasi di dataran tinggi yang sejuk dan menjadi daerah wisata, pertanian sayuran yang berkembang, keberagaman suku dan agama penduduk, serta daerah produksi susu sapi menjadi peluang untuk mengembangkan inovasi dalam pelayanan Posyandu.

“Untuk Pelaksanaan Seleksi Administrasi Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 akan dilaksanakan Selasa, 4 Juli 2023 di salah satu Hotel di Cirebon. Pemerintah Kabupaten Kuningan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu, membina, mendukung, dan berpartisipasi dalam pengembangan Posyandu,” ungkapnya

Dengan semangat dan persiapan yang matang, sambung Dudi, Posyandu Dahlia Desa Cisantana siap berlaga dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

“Semoga keberhasilan yang telah diraih di tingkat Kabupaten Kuningan dapat menjadi modal untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di tingkat provinsi dan menginspirasi Posyandu lainnya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Dudi. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!