banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

TMMD ke-117 Kodim Kuningan di Desa Sukaraja Resmi Dibuka

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIAWIGEBANG – Kodim 0615 Kuningan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke -117 di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan.

TMMD ini merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Pembukaan TMMD yang ke- 117 Tingkat Nasional tahun 2023 ini di resmikan langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, di Lapangan Sepak Bola Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Rabu (12/7/2023). Turut dihadiri oleh Kapok Sahli Brigjen TNI Kuat Budiman, S.I.P, Danrem 063 Sunan Gunung Jati kol inf Andi Asmara Dewa S.H., M.Han, Dandim se-wilayah 063 Sunan Gunung Jati, Wakil Bupati Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan dan segenap tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan TMMD di wilayah kerja Kodam III Siliwangi sendiri meliputi 4 Kabupaten/Kota dimana salah satunya di wilayah Kodim 0615 Kuningan yang bertempat di Desa Sukaraja Kecamatan Ciawi Gebang dengan pelaksanaan sampai dengan tanggal 10 Agustus 2023.

TMMD sendiri merupakan suatu giat kerjasama lintas sektoral dalam rangka membantu percepatan pembangunan di Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik dan non fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat dalam menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan menjelaskan, bahwa pelaksanaan TMMD menyasar sasaran pokok yaitu rabat beton jalan sepanjang 1.1650M x 2.5 M, pembangunan 1 titik jembatan dan pembangunan 7 titik gorong-gorong.

“Selain itu terdapat juga sasaran tambahan seperti pemasangan PJU, rehabilitasi berbagai bangunan dari sekolah, posyandu, Jides, poskamping dan rutilahu. Juga akan dibangun tugu TMMD ke 117,” jelasnya.

Dandim Kuningan juga mengatakan, bahwa TMMD tidak melulu hanya fokus pada pembangunan fisik tetapi juga fokus kepada pembangunan non fisik seperti penyuluhan penyuluhan atau sosialisasi.

“Sehingga output yang kita harapkan dari kegiatan penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran bernegara, hukum, kewaspadaan nasional serta wawasan kebangsaan sehingga masyarakat memahami dan berpartisipasi dalam kehidupan bernegara,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengungkapkan, bahwa dewasa ini semangat kegotongroyongan dan kebersamaan cenderung menurun, sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan langkah-langkah konkret dari semua pihak.

“Melihat permasalahan tersebut TNI sebagai bagian dari masyarakat mempunyai tugas dan kewajiban untuk berupaya menguatkan kembali rasa kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat, salah satunya yaitu melalui Kegiatan Tni Manunggal Membangun Desa (TMMD),” ungkap Acep.

Dengan mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat”, kita menyadari bahwa TMMD merupakan bentuk kebersamaan maupun gotong royong antara TNI dan masyarakat yang dapat membangkitkan serta mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

Acep berharap bahwa TMMD akan menjadi sarana mengembangkan ide kreatif dan inovatif untuk menjawab kebutuhan masyarakat di lokasi pelaksanaan TMMD. Partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat akan sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini.

“Untuk itu saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama membulatkan tekad membangun Kabupaten Kuningan yang kita cintai dalam kapasitas masing-masing. Melalui kebersamaan, niscaya kita mampu mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Acep.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon dan peninjauan survei lokasi jalan yang akan dibangun bersama para tamu undangan. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!