banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

“Ultramen” Lakukan Patroli di Kuningan

banner 120x600

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Ada yang berbeda dari Satlantas Polres Kuningan saat melakukan patroli. Petugas kepolisian tersebut memberikan edukasi keselamatan dalam berlalu lintas kepada warga Kuningan, Jawa Barat
dengan menggunakan kostum Superhero Ultraman. Polisi sengaja berkostum Ultraman, agar dapat menghibur warga saat sosialisasi dilakukan.

Karakter Superhero Ultraman dipilih sebagai jargon Satlantas Polres Kuningan, tak lain karena memiliki singkatan Ulet, Terampil, dan Humanis. Semboyan ini menjadi komitmen polantas di Kuningan agar bekerja secara ulet, terampil, dan humanis dalam memberi pelayanan bagi masyarakat.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Secara mobile, polantas menyisir sejumlah ruas jalan di wilayah Kuningan. Saat mendapati pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas, polisi langsung melakukan teguran dan tindakan tilang.

“Kami saat ini sudah mulai melakukan tindakan tilang di tempat atau secara manual. Hari ini kebetulan dengan hunting sistem, sebab sesuai arahan pimpinan kami tidak melakukan secara stasioner,” kata Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian melalui Kasat Lantas Polres Kuningan, AKP Vino Lestari kepada awak media, Rabu (14/6/2023).

Vino menjelaskan, ada beberapa pengendara yang dikenai tindakan tilang saat kegiatan berlangsung. Namun di beberapa kesempatan, polisi juga memberikan edukasi berupa sosialisasi bagi warga yang ditemui.

“Kita bawa Ultraman ini sebagai jargon kami di Polres Kuningan. Kami kenalkan kepada masyarakat, jika Ultraman ini merupakan semboyan kami yakni Ulet, Terampil, dan Humanis. Semoga kami selalu ulet, terampil, dan humanis saat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Menurut Vino, edukasi dan sosialisasi oleh Ultraman sekaligus bisa menghibur setiap warga yang ditemui. Sehingga diharapkan, poin-poin sosialisasi tertib berlalu lintas dapat lebih terserap oleh masyarakat.

“Kita ingin agar edukasi yang kita lakukan ini bisa langsung menyentuh masyarakat, tidak terlihat monoton. Sekaligus juga bisa menghibur ya, semoga upaya kita dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas di jalan raya,” ujarnya.

Kaitan tilang sendiri, pihaknya mengaku, selain melakukan tilang manual juga tetap memberlakukan tilang elektronik. Sebab masih banyak pelanggaran kasat mata seperti tidak memakai helm hingga berboncengan lebih dari satu orang.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi aturan dalam berlalu lintas. Tertib berlalu lintas ini menjadi kebutuhan kita semua, agar mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” pungkas Vino. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!