banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

Pendidikan Perempuan Melahirkan Peradaban  Gemilang

banner 120x600

Oleh : Sella Ristiana (Mahasiswa STIS Husnul Khotimah Kuningan)

Perempuan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun peradaban suatu bangsa. Perempuan ibarat tiang penyangga tegaknya peradaban bangsa, sebagaimana ungkapan dalam bahasa Arab “Al mar’atu imadul bilad” (perempuan adalah tiang negara). Artinya, baik buruknya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh baik buruknya para perempuan yang ada di negara bersangkutan. Namun, sudah barang tentu, perempuan tidak secara otomatis menjadi baikm tanpa melalui proses pendidikan. Di sinilah arti penting pendidikan bagi perempuan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Pendidikan perempuan memiliki peran penting dalam melahirkan peradaban gemilang. Melalui pendidikan, perempuan dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek kehidupan. Dengan demikian, pendidikan perempuan secara tidak langsung mempersiapkan generasi-generasi suatu bangsa di masa yang akan datang. Menurut Bela Nabilah dalam situs internet pobela.com menjadi perempuan itu suatu tanggung jawab yang besar. Terlebih di zaman modern seperti sekarang ini, isu gender, feminisme, dan emansipasi telah menjadi perbincangan hangat di masyarakat, sehingga wanita masa kini tidak cukup sekedara mengurus rumah tangga saja, melainkan juga dituntut untuk berkarier di berbagai bidang. 

Permasalahannya, terkadang banyak para perempuan sendiri yang kurang menyadari betapa besar peran dan potensi dimilikinya. Ditambah lagi pihak-pihak tertentu yang secara tidak bertanggungjawab memanfaatnya perempuan untuk meningkatkan daya saing produk yang dipasarkan. Banyak perempuan yang memamerkan bentuk tubuhnya dan berjoget joget layaknya perempuan  yang tidak punya rasa malu dan mereka hanya mengharap like dan pujian dari media sosial. Bahkan mereka tidak sadar memamerkan auratnya, dan ini sangat berbahaya karena mengundang nafsu bagi pria untuk berbuat tindak kejahatan karena pria zaman sekarang lebih menakutkan. Bahkan tak jarang dalam hal ini banyak juga perempuan yang rela menjatuhkan harga dirinya sehingga terjermus ke dalam pacaran yang sudah jelas dilarang oleh agama. Hal ini pun yang paling merugikan adalah dipihak perempuan. 

Oleh karenanya, pendidikan perempuan merupakan sebuah keniscayaan. Sebab, memalui pendidikan perempuan akan mampu memperbaiki moral serta etika sehingga membuat dirinya berharga dan dapat berperan aktif dalam membangun peradaban yang gemilang di zaman sekarang. Dan yang lebih penting bagi seorang perempuan adalah memiliki iman di dalam hatinya dan al-Quran sebagai pegangannya, karena itu merupakan suatu kunci kesuksesan. Bahkan dalam ayat al-Quran Allah berfirman ;

“Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” (QS Ali Imran ayat 42).

Dalam ayat tersebut sudah jelas setiap perempuan dipilih oleh Allah untuk mensucikam dirinya dan melindungi dirinya dan mengerjakan amal maruf dan nahi mungkar, karena perempuan yang berkualitas dan pendidikan mampu membangun masa peradaban di era sekarang seperti ungkapan R.A. Kartini yang kemudian dijadikan judul buku “ Habis gelap terbitlah terang”. Ungkapan R.A Kartini tersebut menegaskan bahwa seorang perempuan mampu mengubah dunia menjadi bangsa yang hebat dengan melahirkan sosok-sosok wanita kuat dan berprestasi. 

Pentingnya pendidikan bagi perempuan, paling tidak dapat dilihat dari 3 (tiga) peran penting perempuan dalam membangun peradaban suatu bangsa, yaitu;

Pertama, perempuan sebagai ibu arsitek peradaban. Perempuan memiliki peran penting sebagai ibu yang melahirkan generasi masa depan yang gemilang. Mereka memberikan pesan terbaik bagi peradaban dengan mendidik dan membimbing anak-anak mereka.

Kedua, perempuan sebagai kontributor pendidikan Islam dan peradaban. Pendidikan Islam telah melahirkan ilmu-ilmu baru di berbagai bidang seperti eksak, sastra, filsafat, dan keagamaan. Proses pendidikan yang dilakukan oleh para ulama telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan peradaban, dan banyak sekali di zaman era sekarang perempuan menjadi pendakwah dan ilmuwan hebat di masa yang turut mewarnai peradaban hingga saat ini.

Ketiga, perempuan sebagai pendidik karakter bangsa. Pendidikan yang baik juga dapat berperan dalam melahirkan generasi emas yang berkontribusi pada peradaban. Pendidikan karakter yang mengajarakan nilai-nilai positif dapat membentuk generasi berkualitas. Di sinilah, perempuan mempunyai peran yang sangat penting, karena pendidikan bagi anak yang pertama adalah keluarga. Sebagaimana ungkapan dalam bahasa Arab “Al ummahat madrasatul ula” (Ibu adalah sekolah yang pertama) bagi anak-anak mereka.

Ada sebuah kutipan yang  dapat menjadi pegangan bagi kita yang membuat saya terinspirasi, 

“Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, perempuan harus cerdas dan berilmu untuk mendidik anak anaknya serta dapat berperan sebagai pilar masyarakat dan peradaban. Karena ibu yang berpendidikan akan menghasilkan generasi cerdas.’’

(Prof.Dr.Hj.Huzaemah T Yanggo,M.A.)

Dengan demikian arti penting pendidikan perempuan. Melalui pendidikan, perempuan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan dan memiliki peran penting dalam membagun peradaban. Oleh karena, setiap perempuan hendaknya mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar dan meningkatkan kualifikasi pendidikannya. Prof. Dr.Hj.Huzaemah T Yanggo,M.A. mengungkapkan “Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, perempuan harus cerdas dan berilmu untuk mendidik anak anaknya serta dapat berperan sebagai pilar masyarakat dan peradaban. Karena ibu yang berpendidikan akan menghasilkan generasi cerdas.’’

Semoga bermanfaat…..


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!