banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

Program Pojok Literasi Hima PGSD Berjalan Sukses

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIPICUNG – Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) yang dilaksanakan selama enam (6) bulan di Desa Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatan yang bertemakan “Pojok Literasi untuk Mewujudkan Generasi Alpha 4C (Critical thinking, creativity,colaboration,dan communication) yang diketuai oleh Erik Ramdani dan dosen pembimbing lapangan (DPL) Myrna Apriani Lestari, M.Pd., berhasil merealisasikan PPK Ormawa tahun 2023 dengan melaksanakan program di lima (5) pojok literasi yang bertempat di lima (5) Dusun yaitu Dusun Pabrik, Cipinang, Dayeuh, Ciloa dan Wirarangan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Diawali dari bulan Mei – Juni adalah penyusunan sub proposal. Kemudian, dilanjutkan di bulan Juli lebih tepatnya pada tanggal 18 Juli yaitu pembukaan dan pada tanggal 23 sampai dengan 30 Juli adalah pengajaran baca tulis.

Di bulan Agustus, pada tanggal 6 dan 27 Agustus melakukan kegiatan education dengan penggunaan media sosial. Kemudian, pada bulan September yaitu di tanggal 3 dan 10 kegiatannya adalah membuat karya tulis cerpen. Dilanjutkan, pada pada tanggal 17 dan 30 kegiatannya berupa karya lukis sederhana.
Memasuki, bulan Oktober, lebih tepatnya pada tanggal 7 Oktober kegiatannya adalah karya lukis sederhana, dilanjutkan pada tanggal 14 dan 21 Oktober yaitu pohon literasi. Baru di bulan November pada tanggal 5 November digelar kegiatan LCC dan pada tanggal 7 November adalah penutupan.

Erik Ramdani selalu Ketua tim pelaksana PPK Ormawa Hima PGSD menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut selama kurang lebih 6 bulan dalam pengabdian PPK Ormawa ini.

“Semoga apa yang telah kita laksanakan yang telah kita berikan ilmunya kepada masyarakat kepada peserta didik, semoga dapat bermanfaat di kemudian hari. Saya pribadi dan mewakili teman – teman, memohon maaf yang sebesar – besarnya atas segala kekurangan dan kekhilapan. Saya berharap, dengan adanya program pojok literasi ini bisa diteruskan oleh pihak Desa, baik itu dari perangkatnya maupun dari Karang Tarunanya,” ungkap Erik, Senin (27/11/2023).

Senada dengan Erik, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Myrna Apriani Lestari M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak perangkat desa dan masyarakat desa Karoya yang telah menerima para mahasiswa yang melakukan kegiatan di Desa Karoya.

“Semoga, apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dan keberlanjutan program pojok literasi di Desa Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan,” ucap mantan Kepala Unit Bimbingan Konseling Uniku.

Sementara itu, Kepala Desa Karoya Toto Tohidi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen Universitas Kuningan dan tamu undangan yang telah menyempatkan hadir dalam kegiatan penutupan dan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah melakukan program pojok literasi di Desa Karoya.

“Semoga, apa yang adik-adik ajarkan kepada masyarakat kami dapat diterapkan dan bermanfaat. Saya ucapkan permohonan maaf pula apabila selama kegiatan adik-adik ini jarang didampingi oleh kami sebagai pihak desa dan masyarakat desa,” pungkas Toto. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!