banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

Seminar Parenting DWP Disdikbud Kuningan, Membangun Karakter Anak dan Peran Penting Orang Tua Hebat dalam Fase Perkembangan

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIGUGUR – Dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan pengetahuan, pemahaman dan pemberdayaan masyarakat, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disdikbud Kabupaten Kuningan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan menyelenggarakan seminar parenting dengan tema ” Menjadi Orang Tua Hebat dalam Membersamai Fase Perkembangan Anak, di Aula Disdikbud Kuningan, Rabu (13/12/2023).

Seminar yang berfokus mengenai bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak itu diikuti oleh Anggota dan Pengurus DWP se-Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan secara Hybrid (Daring dan Luring).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Ketua DWP Dinas Pendidikan, Yati U Kusmana, menyoroti pentingnya pendamping suami menjadi garda terdepan dan marwah dalam keluarga. Ia mengajak perempuan untuk memiliki wawasan luas, memahami peran orang tua, dan berharap materi seminar dapat memberikan ilmu yang bermanfaat.

Yati mengatakan, seminar parenting merupakan metode yang tepat bagi orang tua untuk membentuk karakter anak dan merupakan upaya adanya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan di sekolah dan di keluarga.

“Parenting bertujuan untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal mendidik, membimbing dan mengarahkan anak bersama- sama bersinergi mewujudkan visi bersama, mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak sekolah dan keluarga,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DWP Kuningan, Hj. Ela Dian Yanuar mengapresiasi kontribusi DWP Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan seminar tentang parenting, khususnya untuk anak remaja.

“Menjadi orang tua, terutama mengasuh anak remaja, bukanlah peran yang mudah. Masa remaja seringkali membingungkan, dan kegiatan seminar ini diharapkan dapat membantu orang tua menghadapi tantangan tersebut,” ungkap Ela.

Penasehat DWP Kabupaten Kuningan, Hj. Susi Widyawati mengemukakan, bahwa pengasuhan merupakan pembentukan karakter anak, dan peran ibu sebagai madrasah utama bagi anak-anak. Ia menekankan tugas kita dalam merawat anak melewati berbagai fase hingga dewasa.

Tema ” Menjadi Orang Tua Hebat dalam Membersamai Fase Perkembangan Anak” disampaikan langsung oleh Muhammad Ifan Fauzi ahli Psikologi yang merupakan Praktisi Psikologi Anak dan Remaja serta Direktur Utama Klinik Psikologi Tabularasa.

Pentingnya parenting education ini untuk membuat orang tua agar bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya. Apalagi untuk anak usia dini yang memang memiliki kemampuan meniru yang unggul. Anak sejak kecil adalah para peniru yang unggul, ia akan meniru semua yang dia lihat dan rasakan.

“Kegiatan ini juga bertujuan agar kita semua bisa mengupgrade ilmu tentang pola asuh anak. Selain itu juga diharapkan kita semua sebagai orangtua untuk terus kompak dan menjaga silaturahmi,” kata Ifan. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!