banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Tanamkan Adab dan Disiplin kepada Para Mahasiswa, STIS Husnul Khotimah Adakan Pekan PTRI

banner 120x600

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan mengadakan Pekan Tarbawi, Ruhi, dan Indhibath (PTRI) untuk seluruh mahasiswa aktif mulai semester 2 hingga semester 6, di Aula STIS Husnul Khotimah Kuningan.

Pekan PTRI ini merupakan agenda pertama yang diselenggarakan bagi para Mahasiswa STIS Husnul Khotimah Kuningan untuk mengawali perkuliahan di Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menanamkan adab serta kedisiplinan sebelum para mahasiswa mengikuti perkuliahan semester genap yang akan dimulai minggu depan.

banner 728x250
banner 336x280
banner 336x280

Ketua STIS Husnul Khotimah Kuningan, Dr. Mualim, M.A., menjelaskan tentang keutamaan menuntut ilmu, yang merupakan bagian dari bentuk jihad fii sabilillah. Karenanya, Ia berpesan agar para mahasiswa bersungguh-sungguh dalam belajar, sebagaimana dalam jihad yang amalan yang sangat mulia dalam Islam, juga memerlukan kesungguhan. 

“Ilmu adalah kunci kemajuan peradaban sebuah bangsa. Hampir semua negara-negara maju di dunia ini, memberikan perhatian yang sangat besar terrhadap ilmu pengetahuan. Karenanya, negara yang tidak memperhatikan ilmu pengetahuan, pasti tidak akan bisa maju seperti negara lainnya,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Selasa (14/2/2023).

Selain itu, Dr. Mualim mengingatkan bahwa agar ilmu yang dipelajari menjadi berkah dan dapat bermanfaat perlu dibarengi dengan adab. “Sebab, ilmu yang tidak disertai dengan adab akan menyebabkan kerusakan, baik bagi pemiliknya maupun bagi orang lain. Itulah barangkali alasan, mengapa para ulama selalu mengingatkan agar mendahulukan adab sebelum ilmu,” tuturnya.

Dia berharap dengan adanya Pekan Tarbawi, Ruhi, dan Indhibath yang akan dilakukan selama sepekan ini, dapat memberikan pemahaman bagi para mahasiswa tentang pentingnya memiliki adab, selain menanamkan nilai-nilai kedisplinan sebelum mempelajari ilmu sesuai dengan disiplin program studinya masing-masing. Dr Mualim juga turut mengingatkan kembali tentang tag line STIS Husnul Khotimah yaitu qur’anic, integrity, scientific.

Acara pembukaan PTRI yang dipandu oleh Handi Nuryaman, S.Pd, selaku staf administrasi akademik tersebut, dibuka secara resmi pada Senin (13/2/2023).

Turut hadir dalam acara, para pimpinan STIS Husnul Khotimah Kuningan,  diantaranaya Hendra Karunia Agustine, Lc., M.H., selaku Puket 1 Bidang Akademik; Yayat Hidayat, Lc., M.H., selaku Puket 3 Bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Panitia Pekan Tarbawi, Ruhi, dan Indhibath;  Dr. Dina Madinah, S.E., M.Acc., selaku Ketua LPMI yang merangkap sebagai Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah); dan Murniati, Lc., M.H., selaku Sekretaris Program Studi Ahwal Al Syakhshiyah. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!