banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250


banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Festival Ramadhan Ajang Promosi Bagi UMKM

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyambut baik acara Festival Ramadhan Tahun 2022 yang digelar oleh Diskopdagperin, di Food Court Lantai I Taman Kota Kuningan, Senin (18/4/2022). Ia berharap agar usaha UMKM dapat menjadi titik balik perbaikan ekonomi pasca pandemi Covid-19, juga menjadi sarana perluasan jaringan UMKM yang dibantu dengan kemajuan teknologi informasi.

Selain itu, dengan adanya kegiatan Festival Ramadhan ini, Bupati berharap dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di Kabupaten Kuningan, kemudian bisa menjadi media promosi bagi UMKM dan wujud bakti sosial kita di bulan suci Ramadhan 1443 H.

banner 336x280
banner 336x280

“Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kuningan sesuai dengan tujuan kegiatan ini yaitu memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperluas pemasarannya, meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat, meningkatkan kepedulian dan kesadaran sosial masyarakat serta meningkatkan prestasi masyarakat pada dasarnya,” ungkap Acep.

Adapun hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan Festival Ramadhan ini, kata Acep, adalah untuk lebih mempererat hubungan pemerintah Kabupaten Kuningan dengan masyarakat. “Terlebih saat ini, dalam suasana bulan penuh berkah, kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama salah satunya adalah membangun ekonomi kerakyatan dengan berbagai kegiatan yang kaya manfaatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarmo sangat mengapresiasi Pemkab Kuningan yang sudah sangat memperhatikan keberlangsungan usaha para UKM. Ia juga mengucapkan selamat atas penghargaan Natamukti yang telah diraih Bupati sebagai Bapak UMKM.

“Kepada pelaku usaha mikro harus siap berubah mengikuti perkembangan digital, serta terus bersikap kompetitif dan berinovasi sehingga produk yang dihasilkan semakin bermutu, baik dari sisi produk, packaging bahkan sampai branding,” kata Sutarmo.

Dia menjelaskan, di tahun 2020, jumlah UMKM Indonesia yang telah onboarding di platform digital sebesar 8 juta UMKM, dan hingga saat ini sudah ada 17,59 juta yang masuk ke platform digital. Angka ini masih terus ditingkatkan menuju target 20 juta UMKM onboarding di platform digital di tahun 2022 ini.

“Untuk itu, target ini tidak bisa dicapai hanya dengan upaya sendiri, namun harus berkolaborasi dengan stakeholder yang mempercepat proses transformasi digital UMKM, khususnya usaha mikro,” jelasnya.

Festival Ramadhan Tahun 2022 ini diikuti oleh sejumlah pelaku usaha UMKM dan beberapa komunitas, dan akan berlangsung dari tanggal 18 – 30 April 2022. Tampak sejumlah booth-booth yang tersedia menjual berbagai produk UMKM binaan Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, baik makanan, minuman, fashion dan oleh-oleh khas daerah.

Selain itu, selama gelaran akan dilaksanakan sejumlah acara mulai dari Bazar UMKM, Pasar Murah, Kampung Tajil, Santunan Anak Yatim, Musik Ramadhan, Santapan Rohani, Lomba-lomba Keagamaan, dan Launching Promo Si Abank UMKM. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!