banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

1000 Batang Mangrove, Bukti Nyata Pengabdian Fahutan Uniku

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Sebanyak 1.000 batang mangrove berhasil ditanam di pesisir pantai utara Cirebon oleh Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku), di Desa Jadimulya, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon pada hari Minggu (9/1/2022) kemarin.

“Alhamdulillah, kemarin, kami berhasil memberikan kontribusi nyata terhadap perbaikan lingkungan hidup, khususnya untuk wilayah pesisir pantai utara Cirebon. Walaupun kami berada dihulu (Kuningan), namun karena ekosistem itu sifatnya saling kait – mengait, kami juga mempunyai tanggung jawab moral untuk berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan hidup dihilir (Cirebon),” tegas Dekan Fahutan Dr. Yayan Hendrayana, S.Hut., M.Si., saat dimintai keterangan, Senin (10/1/2022).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Kegiatan penanaman tersebut, kata Yayan, melibatkan 50 orang mahasiswa Fahutan dan pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) tahun 2021, yang berasal dari seluruh Indonesia.

Nina Safitri, salah satu mahasiswa program PMM yang berasal dari Kalimantan Barat, mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, ini pengalaman berharga bagi dirinya dan akan dibawa sebagai “oleh-oleh” kelak ketika kembali ke daerah asalnya.

Selain mahasiswa, kegiatan juga dihadiri oleh penggiat ekosistem mangrove, Fachrudin sebagai ketua Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Panglaot yang sudah lama menjadi bagian dari ekosistem mangrove pesisr pantai utara Cirebon, menambahkan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masa depan lingkungan hidup yang lebih baik. Khususnya bagi ekosistem pesisir dan pantai.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdia Masyarakat (LPPM) Uniku Dr. Toto Supartono, S.Hut., M.Si. Ia juga mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan kemarin.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, dengan baiknya ekosistem mangrove, akan memberikan dampak posistif terhadap kesejahteraan masyarakat, melalui tangkapan ikan yang melimpah, terbukanya peluang ekowisata mangrove dan lain sebagainya,” kata jebolan IPB mengapresiasi.

Selain Ketua LPPM, jajaran pimpinan Universitas Kuningan yang turut hadir dalam acara PkM tersebut adalah salah satunya Iim Abdul Karim, SP sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik Kemasiswaan (BAAK) Uniku. Iim yang hadir mewakili Rektor Uniku, menyampaikan, apresiasi Rektor tehadap kegiatan Fakultas Kehutanan. “Uniku harus hadir dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Iim. (Abel Kiranti) 


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!