banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

DEEP Kunjungi KPU Kuningan Bahas Pemutakhiran Data Pemilih

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Salah satu program DEEP Kuningan untuk membangun silaturahmi dan kolaborasi,
Democracy Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Kuningan berkunjung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan di Jl. Raya Sudirman Kuningan, Rabu (22/12/2021).

Sekretaris DEEP Kuningan, Nova Rizky Sugema menerangkan, tujuan kunjungan ke KPU Kuningan yakni bersilaturahmi dan berdiskusi mengenai demokrasi, khususnya di Kabupaten Kuningan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

“Adapun isu yang disampaikan pada diskusi tersebut, berkaitan dengan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kuningan, Partisipasi Pemilih, Kolaborasi dalam pendidikan demokrasi, serta mengantisipasi hal-hal terjadinya pelanggaran pemilu,” terang ova sapaan akrabnya didampingi pengurus DEEP Kuningan kepada bingkaiwarta.co.id.

Pihaknya sangat mengapresiasi kinerja KPU dari tahun ke tahun terus melakukan sosialisasi kepada calon pemilih atau para pemilih pemula.

“Alhamdulillah kunjungan kami direspon dengan baik oleh pihak KPU Kabupaten Kuningan. Terkait diskusi yang dibahas juga dijelaskan secara gamblang sesuai dengan peraturan yang ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa agenda silahturahmi dan diskusi ini menjadi bahan dalam peningkatan SDM, sehingga pada pelaksanaan Pemilu 2024 diharapkan masyarakat tidak apatis terhadap pesta demokrasi lima tahunan.

“Mari kita sama-sama untuk memberikan pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat. DEEP kedepan akan melakukan Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi dengan stakeholder terkait,” imbuhnya.

Sementara, Komisioner KPU Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Dudung Abdu Salam mengapresiasi kunjungan DEEP Kuningan. KPU Kuningan, dalam memberikan pendidikan pemilih terus dilakukan, baik itu dengan forum OSIS, ke sekolah-sekolah, Kampus dan di radio.

“Untuk pendidikan pemilih dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terus kami lakukan. Bahkan KPU Kuningan sudah melakukan sinergitas dengan beberapa pihak, termasuk kedepan dengan DEEP Kuningan dalam hal pendidikan demokrasinya,” ujar Dudung didampingi Asep Budi Hartono, Lestari dan Maman Sulaeman.

Ditempat yang sama, Asep Budi Hartono dari Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan KPU terus melaksanakan koordinasi intensif dengan Disdukcapil untuk memutakhirkan data pemilih.

“Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman menuturkan, mengenai pemilu yang akan datang di Kabupaten Kuningan pihaknya menerangkan, KPU Kuningan sudah melakukan konsolidasi dan melaporkan setiap permasalahan ataupun masukan solusi kepada KPU Provinsi/ RI.

“KPU Kuningan terus melakukan evaluasi dan merekap hasil evaluasi tersebut. Persiapan untuk teknis Pemilu untuk Tahun 2024 kedepan sudah dipikirkan input – outputnya. Teknis yang telah disusun dinilai lebih baik dari sebelumnya dalam melaksanakan penyelenggaraan pemilihan,” tuturnya.

Dalam diskusi tersebut, berlangsung dengan khidmat. Nampak hadir dari KPU Kuningan seluruh Komisioner KPU Kuningan Dudung Abdu Salam, Lestari Widyastuti, Asep Budi Hartono, dan Maman Sulaeman, tak terkecuali Ketua KPU Kuningan Asep Z. Fauzi, dikarenakan sedang sakit. (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!