banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250

KI Jabar Anugerahi Kuningan Sebagai Kabupaten Informatif

banner 120x600

Bingkaiwarta, BANDUNG – Komitmen dan upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam menerapkan tata kelola layanan informasi publik, mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Badan Publik dengan kategori informatif yang ditetapkan Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat. 

Penghargaan diterima Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH didampingi  Sekda  Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum,  pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tingkat Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Kamis (8/12/2022).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Menurut Ijang Faisal Ketua Komisi Informasi Jabar mengatakan, penyerahan anugerah ini  merupakan hasil dari monitoring dan evaluasi  penerapan Keterbukaan Informasi Publik di Jabar. Monev tahun ini menggunakan Elektronik Monev, hal ini upaya pelayanan publik dengan digitalisasi.

Ijang Faisal menerangkan, tujuan dari Monev  untuk memenuhi hak informasi masyarakat dalam mewujudkan demokrasi sehat, memberikan dorongan kepada pada Badan Publik agar   akuntabel sejalan dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam mendapatkan informasi berkeadilan.

“Status klasifikasi Informatif merupakan status penghargaan terbaik bagi badan publik yang menyelenggarakan layanan informasi publik, ada juga yang menuju Informatif, cukup Informatif, kurang Informatif  dan tidak Informatif. Untuk kategori jenis badan publik kab/kota dari 27 yang meraih predikat  informatif sebanyak 13 kab/kota,” sebutnya. 

Dalam sambutan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul  Ulum mengatakan, apresiasi kepada Komisi Informasi Provinsi Jabar  yang telah menyelenggarakan acara penganugerahan, sekaligus menunjukkan peran penting Komisi Informasi dalam mengawasi serta mengevaluasi capaian keterbukaan informasi publik, dan sudah mengawal penguatan akuntabilitas badan publik di Provinsi Jabar. Dan selamat bagi peraih penghargaan. 

Usai acara Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, hasil penilaian ini akan menjadi  sarana untuk  menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik, dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat sebagai wujud nyata tata kelola pemerintah yang baik.

“Penganugerahan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Pemkab Kuningan,  sebagai badan publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik mengenai keterbukaan informasi dengan berbagai inovasi yang tiada henti,” ungkapnya.

Dengan raihan penghargaan ini, Bupati Acep menyampaikan terima kasih atas pengelolaan layanan informasi publik yang dikelola oleh   Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama dan pelaksana,  serta dukungan dari partisipasi masyarakat.

“Semoga raihan penghargaan ini menjadi  sarana untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dalam mengelola, menyediakan dan memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si  yang juga selaku Sekretaris PPID utama Kabupaten Kuningan menerangkan, bahwa secara kelembagaan  pada PPID Utama Bupati Kuningan dan Wabup selaku Pembina, Sekda Selaku atasan PPID Utama, Ketua Asisten Pemerintahan dan Kesra,  Sekretariat PPID Utama ada di Diskominfo pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP),  Sementara PPID Pelaksana selaku ketuanya, yaitu Sekretaris Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Sebagai informasi rentang nilai setiap kategori yaitu 90-100 untuk kategori Informatif,   80-89,9  kategori Menuju Informatif,  60-79,9  kategori Cukup Informatif (termasuk rendah keterbukaan informasinya), 40-59,9 kategori Kurang Informatif; dan 0-39,9 untuk kategori Tidak Informatif.

Selain Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan  hadir juga didampingi Kabid  Informasi dan Komunikasi Publik, Anwar Nasihin, M.Si, Kabid Persandian dan Statistik Wibawa Gumbira, S.Sos, M.Pd, Kabid Infrastruktur Acep Tisna, SH, MH, dan Kabid Aptika Hj, Engking Sarki, S.Sos. (Abel/diskominfo)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!