banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250
Berita  

Kirab Merah Putih Diwarnai Bentangan Bendera Sepanjang 500 Meter

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIREBON – Bendera Merah Putih sepanjang 500 meter dibentangkan dalam kegiatan Kirab dan Silaturahmi Kebangsaan di Kota Cirebon, Senin (6/3/2023). Kirab tersebut dimulai dari depan Balai Kota hingga Stadion Bima Kota Cirebon.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut diikuti 8 kabupaten/kota di wilayah kerja Korem 063/SGJ yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu, Karawang, Purwakarta, dan Subang.

banner 728x250
banner 336x280
banner 336x280

Iring-iringan kirab dan silaturahmi kebangsaan melibatkan TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP), hingga pelajar. Selain itu, kirab juga dimeriahkan dengan marching band, kesenian tradisional, kendaraan taktis milik TNI dan Polri serta juga Sisingaan.

Acara yang dihadiri langsung oleh Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya disambut antusias masyarakat dan juga pelajar. Di setiap jalan yang dilewati oleh iring-iringan kirab disambut oleh pelajar dan masyarakat.

Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang sangat mulia yaitu Kirab Merah Putih tahun 2023. Kirab Merah Putih, lanjut Azis, menunjukkan bahwa kita semua cinta Indoneisa dan cinta NKRI.

“Kirab Merah Putih ini menunjukan bahwa kita semua cinta Indonesia, bahwa kita semua cinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” ujar Azis sebelum melepas keberangkatan Kirab Merah Putih di depan Balai Kota Cirebon.

Iring-iringan kirab yang dimulai dari Jalan Siliwangi depan Balai Kota Cirebon, kemudian mengarah ke Jalan Kartini, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Jalan Pemuda, Bypass, dan berakhir di Stadion Utama Bima Kota Cirebon.

Sesampainya di Stadion Utama Bima Kota Cirebon, seluruh peserta kirab dan pengunjung langsung diberikan pesan kebangsaan oleh Habib Luthfi. Dalam pesannya, Habib Luthfi menyampaikan bahwa manusia harus kembali mengingat apa tujuan penciptannya, yakni manusia diciptakan untuk saling mengenal.

“Lita’arofu, manusia itu diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuka-suku untuk saling kenal, saling sayang,” ujarnya.

Jika sudah saling kenal, kata Habib Luthfi, maka manusia, bangsa Indonesia, akan memiliki rasa bangga terhadap bangsanya, sukunya. Namun, menurutnya, di Indonesia perbedaan suku harus dibalut dengan jiwa kebangsaan yang kuat, di bawah persatuan Indonesia.

Tak hanya itu, Habib Luthfi juga menyampaikan, setelah saling sayang maka tumbuh rasa bangga, rasa memiliki bangsa ini. Maka setelah itu, jika bangsa bangga, maka jayalah Indonesia.

Sementara, panitia acara yang sekaligus pemilik Majelis Cirebon Timur Bersholawat (MCTB), H. Agus Ma’shum mengucap syukur acara kegiatan Kirab dan Silaturahmi Kebangsaan telah berjalan sukses, lancar tanpa ada hambatan apa pun.

“Alhamdulillah acara kegiatan Kirab dan Silaturahmi Kebangsaan ini Kebangsaan telah berjalan sukses, lancar tanpa ada hambatan apa pun. Kondisi cuacapun sangat mendukung yang biasanya turun hujan, siang ini malah terlihat cerah,” kata Agus.

Agus mengharapkan, kegiatan Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan bisa menjadi tonggak sejarah dalam mempersatukan bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

“Saya berharap Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan ini akan membawa efek positif dan bisa menjadi magnet dalam menjaga NKRI yang dibingkai oleh Pancasila dan kebhinekaan. Sebagai rasa cinta kepada NKRI, berkewajiban meneruskan perjuangan sesepuh terdahulu,” pungkas Agus. (irgun)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!