Bingkaiwarta, KUNINGAN – Setelah 3 tahun lebih terkendala oleh pandemi Covid-19, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari kembali menggelar kegiatan promosi sekaligus promosi produk UKM secara tatap muka kepada masyarakat yang bertajuk “Festival Bogasari”. Kegiatan Festival Bogasari ini akan berlangsung di 3 kota, yakni Kuningan, Bantul, dan Semarang dengan target total pengunjung 10 ribu orang.
Festival Bogasari ini dimulai di Kota Kuda Kuningan, Minggu (10/9/2023), di Lapangan Pandapa Paramarta. Disusul di Area Parkir Stadion Sultan Agung, Kota Bantul (Yogyakarta) pada Minggu (17/09/2023) dan di Kota Lama, Semarang, Sabtu (23/9/2023).
Penyelenggaraan di Kuningan dan Bantul dimulai pagi hari sejak pukul 06.30 WIB – 15.00 WIB. Sedangkan untuk penyelenggaraan di Kota Semarang akan menyesuaikan dengan tren jam kunjungan wisata yakni mulai pukul 2 siang hingga pukul 9 malam.
“Kegiatan festival yang melibatkan UKM makanan berbasis terigu terakhir kali digelar Bogasari tahun 2019. Tujuan kegiatan festival yang rutin digelar Bogasari ini adalah guna semakin mendekatkan produk UKM kepada masyarakat. Kita menargetkan jumlah pengunjung di tiap daerah minimal 3 ribu orang,” jelas Andriana, Product Group Manager Bogasari kepada awak media.
Festival yang berlangsung selama kurang lebih 7 jam di masing-masing kota ini tidak hanya akan memanjakan ribuan pengunjung dengan suguhan makanan produk UKM dan grup Indofood. Tapi ada unsur kegiatan edukasi berupa demo masak di stan Bogasari oleh baker Bogasari Baking Center (BBC) yang akan mengajarkan resep Lukumades Ubi Ungu dan Cupcake Tape Ketan Hijau.
“Bahkan di Festival Bogasari pertama tahun 2023 ini, Bogasari akan menghadirkan selebriti terkenal Chef Nicky Tirta yang akan membuat Muffin Ubi Ungu. Edukasi produk makanan melalui demo masak ini sengaja mengusung konsep kearifan lokal untuk mendongrak serapan produk pertanian lokal atau daerah setempat sekaligus menambah nilai ekonomi melalui bahan baku tepung terigu Bogasari,” papar Andriana seraya menambahkan akan digelar senam bersama di pagi hari dan hiburan musik serta booth video spin 360.
Beberapa UKM yang membuka stan penjualan di Kuningan antara lain UKM legendaris Nederland Bakery Cirebon, Martabak Denis Kuningan, Citra Rasa Kue Majalengka, Hisana Fried Chicken, Mie Ayam Mekarwangi, Twin Bakery & Cake, Dapur Ceu Edoh (Jajanan Pasar), Pangsit Cinuy, Pandawa Kulit Lumpia dan masih banyak lagi. Harga produk UKM dipastikan terjangkau dengan kisaran harga Rp 2.500 – Rp 35.000.
Selama di acara di 3 kota, Bogasari menyiapkan promo khusus berupa kupon potongan harga produk UKM senilai Rp 10 ribu bagi pengunjung yang bisa menunjukan aplikasi mobile Bogasari. Kupon potongan belanja makanan UKM senilai Rp 10 ribu juga akan didapat pengunjung untuk setiap pembelian produk Bogasari senilai Rp 10 ribu. “Pokoknya masih banyak kupon potongan belanja yang siap menyenangkan hati para pengunjung dan UKM,” tambah Product Group Manager Bogasari ini.
Produk Baru Khusus UKM
Guna menunjang pertumbuhan para UKM, selain mengadakan berbagai kegiatan seperti Festival Bogasari di 3 kota, KIAT (Kunci Informasi dan Teknologi) di 4 kota, serta pelatihan kreasi mie kekinian di 4 kota, Bogasari juga berusaha membuat produk sesuai kebutuhan para UKM. Terbaru, Bogasari menyediakan produk Cakra Kembar khusus Roti dan Cakra Kembar khusus Mie kemasan sak / 25 kg.
“Kami menyadari bahwa pola konsumsi masyarakat berubah seiring kembali normalnya situasi dan berkembangnya teknologi. Sehingga mau tidak mau kami juga harus beradaptasi dan mengikuti. Kami menyiapkan terigu Cakra Kembar khusus Roti dan Cakra Kembar khusus Mie yang dibuat khusus untuk UKM,” jelas Andriana.