banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250


banner 728x250

Masjid Cinta Sidaraja Simbol Upaya Pelestarian Tradisi, Budaya dan Sejarah

  • Bagikan

Bingkaiwarta, CIAWIGEBANG – Masjid Cinta di Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, rupanya memiliki makna penting dalam setiap dekorasinya. Siapa sangka didalam Masjid Cinta yang diresmikan oleh Bupati Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu, ada salah satu relief kaligrafi dimana makna yang terkandung dalam masjid tersebut sama persis dengan salah satu masjid kuno di wilayah Gebang Cirebon Bagian Timur.

Raden Nana Mulyana Latief selaku pendiri masjid tersebut menuturkan, masjid ini tidak lepas daripada nilai sejarah dan kejayaan Pangeran Sutajaya ketika memimpin wilayah Gebang. “Kami berupaya di Kabupaten Kuningan bagian Timur terus melakukan pelestarian nilai tradisi, budaya dan sejarah,” tutur Nana kepada bingkaiwarta.co.id, Minggu (13/2/2022).

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Dikatakan Nana, gaung akan parawisata berbasis sejarah, budaya dan juga religi sudah semestinya menjadi kebanggaan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Sekertaris Buhun Tinggi Santana Kesultanan Cirebon dan Pangeran Komisi Keraton Kasepuhan, Raden Hamzaiya mengungkapkan, Ia sangat amat bersyukur dan berterima kasih atas banyak nya apresiasi dari berbagai pihak yang akhir akhir ini mulai giat mencari indetitas budaya, sejarah juga tradisi Kabupaten Kuningan.

“Ini merupakan sebuah fenomena yang baik dalam dinamika masyarakat, masyarakat sudah mulai memahami jati dirinya sebagai masyarakat Kabupaten Kuningan yang memiliki nilai serat sejarah yang luhur,” ungkapnya. (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!