banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

Meningkatkan Kemampuan Dosen, FKOM Uniku Gelar Workshop

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) yang didapat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) ke Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) kembali menyelenggarakan kegiatan Workshop.

Kali ini, FKOM Uniku melalui Prodi TI melaksanakan kembali kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan di Aula FKOM Kampus II Uniku.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Workshop yang menghadirkan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Toto Supartono, M.Si., dan Kepala Pusat Pengembagan Kewirausahaan (KP2K) Agus Prianto, M.Si., dibuka secara resmi oleh Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dengan didampingi Wakil Rektor I Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., dan Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., Jum’at (24/12/2021).

Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., mengemukakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari hibah program kompetensi kampus merdeka yang didapat oleh Prodi TI FKOM dari Kemendikbud RI tahun 2021.

“Workshop yang dilaksanakan kembali hari ini masih implementasi dari PKKM Kemendikbud RI tahun 2021. Hari ini melaksanakan kegiatan workshop terkait peningkatan kemampuan dosen dalam pemberdayaan masyarakat, siang hari juga akan dilaksanakan kembali kegiatan pelatihan terkait RPS dan bahan ajar. Itu juga sama masih dalam rangkaian implementasi PKKM Kemendikbud RI tahun 2021,” ujarnya.

Tito yang mantan Ketua Prodi TI dua (2) periode itu, berharap kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, dapat meningkatkan wawasan dosen mengenai pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat. “Semoga, dapat bermanfaat bagi Bapak Ibu dosen FKOM agar meningkatkan kemampuannya mengenai pemberdayaan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Wakil Rektor I Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., mengatakan, FKOM mungkin salah satu Fakultas yang paling sibuk dari bulan Juni sampai dengan akhir Desember 2021 dikarenakan berbagai program.

Anna menegaskan, agar kegiatan ini benar benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh dosen FKOM. Program yang diprakrsai oleh Prodi TI FKOM agar didukung sepenuhnya karena programnya sudah sangat jelas, positif dan bermanfaat. Keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama. Harus didukung dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Ingat, pelaporannya harus dengan sebaik mungkin, pajak jangan sampai lupa dan surat tugas juga jangan lupa agar disertakan pula. Semua program harus ada bentuk fisiknya, bukan hanya pertemuan – pertemuannya saja,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., menerangkan, kegiatan hari ini merupakan masih satu rangkaian dari implementasi PKKM yang didapat Prodi TI FKOM dari Kemendikbud RI tahun 2021. “Program PKKM ini merupakan kompetisi yang diselenggatakan oleh Kemendikbud RI. Ada 142 perguruan tinggi yang mengikuti dan mendapatkan program PKKM, termasuk salah satunya kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan Uniku ada didalamnya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, keberhasilan dengan diraihnya program PKKM oleh Prodi TI FKOM ini, harus disyukuri bersama. “Pak Dekan bersama tim, sudah menyusun berbagai kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan indikator kinerja perguruan tinggi. Peningkatan lulusan, dosen bukan hanya mengajar melainkan penelitian dan pengabdiannya juga harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Dikdik menambahkan, dampaknya semua dosen di FKOM pada akhirnya akan meningkatkan indikator utama kinerja perguruan tinggi. “Dosen semakin meningkat kemampuan dan kualitasnya serta lulusannya juga akan terserap di lapangan kerja,” tambahnya.

Dikdik berharap, dari kegiatan ini dampaknya akan terlihat, apakah akan meningkat setelah kegiatan ini terlaksana, apakah sebaliknya. “Saya berharapnya dosen di FKOM semuanya meningkat,” tandasnya. (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!