banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250


banner 728x250

Optimalkan Peran dan Fungsi Masjid dengan Manajemen Pengelolaan

  • Bagikan

Bingkaiwarta, SINDANGAGUNG – Sistem pengelolaan masjid yang baik akan berdampak pada peningkatan pelayanan masjid terhadap jamaahnya, yang gilirannya masyarakat yang ada di sekitar masjid akan tumbuh rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap masjid dan memakmurkannya. 

Hal tersebut disampaikan Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si pada acara pelatihan pengelolaan manajemen masjid, bertempat di Desa Balong, Minggu (17/4/2022) yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Sekda Dian menerangkan, manajemen pengelolaan masjid merupakan suatu usaha optimalisasi peran dan fungsi masjid agar kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya bagi jamaah pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Upaya ini tentu saja harus dilakukan secara kontinyu dengan mempertimbangkan aspek etika dan nilai-nilai syariah yang bersifat ritual.

“Manajemen pengelolaan masjid yang baik adalah berbasis jemaah, karena akan berdampak pada peningkatan pelayanan masjid terhadap jamaahnya akan tertarik untuk berpartisipasi bersama-sama mengelola dalam memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Dia menyebutkan fungsi masjid diantaranya sebagai pusat ibadah mahdhah. Ibadah yang langsung kepada Allah SWT, seperti salat, mengaji, tahlil, dan tadarus. Dan pusat ibadah sosial, masjid dapat difungsikan untuk mengelola zakat, wakaf, membangun ukhuwah Islamiyah, melaksanakan kurban, dan membantu peningkatan ekonomi umat.

Selanjutnya masjid juga  sebagai pusat pengembangan masyarakat, melalui berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki masjid, seperti khutbah, pengajian, kursus keterampilan yang dibutuhkan anggota jamaah, dan menyelenggarakan pendidikan formal sesuai kebutuhan masyarakat.

Dan sebagai Pusat Pembinaan Persatuan umat dengan membangun masyarakat untuk  tahu dan melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya, masyarakat yang bersedia mengorbankan tenaga dan pikiran untuk persatuan umat dan membangun kehidupan yang diridhai Allah swt.

Untuk langkah-langkah awal yang harus dilakukan dalam melaksanakan manajemen masjid, Sekda Dian menjelaskan, yaitu  menentukan Wilayah Dakwah Masjid dengan melakukan Pendataan Jamaah Masjid, Merencanakan kegiatan yang sederhana dulu, bertahap, setelah berhasil baru rencanakan kegiatan lainnya yang lebih besar. 

Dan Mensosialisasikan kegiatan masjid agar jamaah ikut berpartisipasi memakmurkan masjid dan membuat Laporan kegiatan masjid sebagai bentuk amanah dari masyarakat.

Dia menuturkan juga tak kalah penting untuk dilakukan oleh pengurus adalah pembinaan masjid, yaitu pembinaan idarah (manajemen administrasi masjid), pembinaan imarah (memakmurkan masjid) dan pembinaan riayah (pemeliharaan masjid). (rmdty)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!