banner 728x250
banner 728x250




banner 728x250

Puluhan Guru SD dan SMP Mengikuti Pendampingan dan Pelatihan AKM

  • Bagikan

Bingkaiwarta, CIGANDAMEKAR – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pendampingan dan pelatihan AKM tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan AKM (Assesment Kompetensi Minimum) yang digagas oleh FKIP Uniku, dilaksanakan pada hari Kamis (23/12/2021) di Hotel Prima Resort Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan. Kegiatan tersebut, diikuti sebanyak lima puluh (50) Guru SD dan SMP di Kabupaten Kuningan.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan pendampingan dan pelatihan AKM ini, adalah untuk memberikan pemahaman mengenai kebijakan Dinas terkait “Merdeka Belajar” dan memberikan pemahaman mengenai Asesmen Nasional dan Asesmen kelas bagi guru SD dan SMP.

Kemudian, meningkatkan keterampilan Guru SD dan SMP dalam Asesmen kelas berbasis CBT, serta meningkatkan keterampilan Guru SD dan SMP dalam digitalisasi sekolah melalui Akun Belajar.id.

Dalam acara tersebut, diisi dengan beberapa materi diantaranya materi pertama mengenai “Kebijakan Dinas Terkait Merdeka Belajar” yang disampaikan oleh Abidin, S.Pd., M.Si. Kemudian, materi kedua mengenai “Assesment Kelas dan Assesment Nasional” disampaikan oleh Wakil Rektor I Uniku Dr. Ana Fitri Hindriana, M.Si.

Materi ketiga mengenai “Digitalisasi Sekolah dengan Akun Belajar.id” disampaikan oleh Jaja Sujana, S.Pd., M.Si. Kemudian, dan materi terakhir (keempat) mengenai “Sistem Aplikasi Pelatihan AKM” disampaikan oleh Rio Priantama, S.T., M.Ti., selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Uniku.

Kegiatan pendampingan dan pelatihan AKM ini, mendapat respon positif dari para peserta, sehingga para peserta sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Melalui survei daring yang telah dilakukan, seluruh peserta berpendapat bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat, dan menambah wawasan, serta meningkatkan kompetensi Guru.

Para peserta juga berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut, dan ada tindak lanjut berupa pendampingan di lapangan (Sekolah).

Ketua Pelaksana, sekaligus sebagai Dekan FKIP Uniku Asep Jejen Jaelani, M.Pd. mengatakan, atas nama pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Ia mengucapkan terima kasih kepada para Guru SD dan SMP yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar. Meskipun, ada kendala teknis sedikit, itu wajar. Terimakasih atas kehadiran Bapak Ibu semuanya. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta. Insya Allah, kedepan kami akan melakukan kegiatan lagi dalam bentuk pendampingan pembuatan soal AKM,” ungkapnya, Selasa (27/12/2021). (Abel Kiranti)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!