banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

500 Jenis Pohon Ditanam di Puncak Manik Desa Cimulya

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIMAHI – Relawan lingkungan dari berbagai komunitas melakukan penanaman pohon dan revitalisasi mata air di Puncak Manik Desa Cimulya, Kecamatan Cimahi. Kegiatan yang diinisiasi Jabar Hejo tersebut, dibuka oleh Sekda Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, Sabtu (3/2/2024).

Sekda Dian yang mewakili Pj Bupati mengatakan, salam hormat dan apresiasi  kepada Jabar Hejo dan relawan lingkungan  dari berbagai komunitas, yang telah peduli untuk penghijauan dan revitalisasi mata air sebagai wujud pelestarian alam berkelanjutan.

banner 728x250
banner 336x280
banner 336x280

“Semoga kegiatan seperti ini akan menjadi semangat kolektif untuk meningkatkan kesadaran mencintai alam,” ungkap Sekda.

Menurut Sekda, bukan hanya bisa menikmatinya saja, tapi mari kita mencintai alam dengan menjaga dan merawatnya. Salah satunya dengan menanam. Pernahkah kita menanam? berapa kali kita menanam? semakin banyak menanam, semakin banyak manfaatnya bagi ekosistem dan kehidupan manusia. 

“Penanaman pohon memiliki berbagai manfaat, seperti menyediakan oksigen, menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi polusi udara, dan memperbaiki kualitas tanah. Selain itu, pohon juga dapat mengurangi erosi tanah dan meningkatkan penyimpanan air dalam tanah,” jelasnya.

Sekda Dian menuturkan, menanam adalah sebuah Doa, karena ini bentuk permohonan  kepada Sang Penguasa Alam Semesta Allah SWT. Untuk senantiasa mendapatkan keberkahan atas nikmat alam yang telah diberikan. Ia juga mengingatkan untuk menjaga mata air, agar kelak tidak menjadi  air mata akibat tidak adanya kepedulian pada alam.

.

Lebih lanjut Ketua Pelaksana dari Gema Jabar Hejo, Nanang menyampaikan melalui kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjadi  kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan lebih besar dampaknya daripada teroris, karena bukan hanya untuk masa kini, melainkan berdampak pada anak cucu kita.

“Untuk itu, tanamkan semangat menanam mulai dari diri kita dan generasi muda, seperti saat ini turut serta relawan lingkungan dari tingkat pelajar dan komunitas lainnya yang selalu berperan aktif melakukan penanaman,” ungkapnya.

Nanang mengatakan, bahwa Gema Jabar Hejo setiap tahun menyelenggarakan reboisasi dan revitalisasi mata air. Untuk pelaksanaan kegiatan di wilayah Desa Cimulya ini  berdasarkan permintaan dari warga, yang merupakan sinergitas semua pihak.

“Kali ini jumlah yang ditanam sebanyak 500  dengan jenis pohon Ringging, Cengal Pasir, Kimenyan, Kiara Payung, Pisitan Monyet, Loquat, Kacapi, Salam dan Jahe,” sebutnya.

Nanang menyebutkan, undangan dan relawan lingkungan yang hadir, terdiri dari BPBD Kuningan, Perhutani, CDK Wilayah VIII Jabar, Kadiskatan Kuningan, Dinas LH Kuningan, PAM Tirta Kamuning, Gema Jabar Hejo, Kecamatan Cimahi, Danramil Luragung, Polsek Luragung, Pemerintahan Desa Cimulya.

Selain itu, Satpol PP Kuningan, UPT Damkar Kuningan, BPD Cimulya, Senkom, LDII Kuningan, Koord. AMPAS, Kelana Buana, Para Pelajar Riung Gunung, Pagar Nusa, Karang Taruna, SMPN 1 Kuningan, SMPN 1 Atap Cimulya, Komunitas Trail dan lainnya. (Abel/hms)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!