banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

Hasil Membelah Gunung jadi Jalan Penghubung 3 Kecamatan

Bingkaiwarta, SUBANG – Masyarakat Desa Gunung Aci, Subang, Kabupaten Kuningan, gembira bukan main. Bagaimana tidak, akses jalan yang dulu diimpikan warga, kini terwujud berkat Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan.

Akhirnya, akses jalan yang menghubungkan tiga kecamatan diantaranya, Subang, Selajambe dan Ciniru, diresmikan di Desa Gunung Aci, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, kemarin.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Secara simbolis, peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dandim 0615/Kuningan, David Nainggolan dan Bupati Kuningan H. Acep Purnama.

Dijelaskan Dandim, pembangunan jalan tersebut berawal daei giat blusukan dirinya pada tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan itu. Dua bulan sebelumnya, secara ‘diam-membisu’ Dandim mengendarai motor trail blusukan ke 3 wilayah kecamatan yang letaknya di perbukitan.

“Dibantu oleh anggota Kodim 0615/Kuningan, kami mulai melakukan penelusuran di belantara hutan bukit tadi untuk menelaah serta survey eksklusif. Hingga menghasilkan keputusan untuk memprakarsai gagasan pembukaan akses jalan Desa Pinara – Ampah Warung Blok Wangun, di Desa Gunung Aci, Kecamatan Subang,” jelas Dandim.

Dituturkannya, 3 kecamatan itu memiliki medan yang sangat menantang saat dilakukan pengerjaan pembangunan. Diantaranya, disebutkan Letkol David, struktur daerah didominasi perbukitan yang membuat alat berat harus bekerja setiap harinya.

“Mulai berasal pelebaran, pemangkasan tebing, dan lainnya. Pembangunan ini membelah Gunung Gubah dalam menciptakan jalan sepanjang 3,1 kilo meter dan memiliki lebar 7 meter,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Kuningan mengatakan, hari ini pihaknya sudah memenuhi janji untuk hadir dan meresmikan jalan yang menghubungkan tiga kecamatan.

“Saya terenyuh sekali karena jalan ini memiliki riwayat yang sangat luar biasa. Kita hormati para pendahulu kita, para sesepuh kita, yang menggunakan jalan ini untuk membiayai hidup, untuk mencari nafkah, termasuk karena mereka-merekalah kita hari ini ada. Sehingga yang menjadi harapan dan cita-cita pa kuwu dan masyarakat sekalian, Insya Allah nanti akan saya pikirkan bersama untuk kelanjutan pembangunan kedepannya,” kata Bupati.

Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya pada pengorbanan Dandim. Ia mengapresiasi teknik, kegiatan, dan segenap tenaga maupun semangatnya.

“Mudah-mudahan bisa kita lanjutkan bersama, baik dalam program apapun juga, harapan saya, doa saya, semoga masyarakat disini akan terangkat perekonomian nya, terangkat pariwisata nya, akan terangkat perkebunannya, amin” ucap Bupati.

Bupati Acep meminta warga yang tanahnya terkena pelebaran jalan ini diminta untuk mendukung penuh, dengan merelakan tanah yang terkena pelebaran jalan.

“Tadi saya juga menerima informasi dari dinas terkait, karena disini banyak tanah-tanah pribadi yang terbebaskan, yang dibebaskan, bahkan yang dihibahkan, untuk pembangunan ini saya mohon dengan kerelaan bapak ibu sekalian membuat pernyataan, bahwa tanah tersebut dilepaskan hak tanahnya seluas untuk di bangun jalan,” imbuhnya.

Masyarakat disana pun membuat papan nama jalan bernama “Jalan Wangun Acep Purnama” sebagai bentuk apresiasi besar, sekaligus penghargaan warga terhadap Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Kepala Desa Gunung Aci Muhammad Enjen, dalam acara peresmian jalan penghubung tersebut mengutarakan rasa terima kasihnya terhadap kerja keras Dandim berserta anggota Kodim 0615/Kuningan.

“Survei membuktikan, jarak tempuh Gunung Aci-Kota Kuningan melalui akses jalan baru ini hanya 35 menit. Itu belum diaspal, kalau sudah bisa lebih singkat. Beda kalau lewat jalan biasa, memutar Subang, sampai ke Kuningan kota 2 jam,” ungkap Enjen.

Enjen berharap besar, akses badan jalan 3,1 kilometer ini ditindaklanjuti oleh Bupati Kuningan bersama Dandim 0615/Kuningan melalui pengerasan, sampai pengaspalan. Sehingga akses jalan baru yang dikenal masyarakat sebagai Jalan riwayat ini, bisa dilalui dengan nyaman dan meningkatkan kualitas perekonomian yang menggunakan jalan tersebut.

Hadir pada acara  Kepala ATR/BPN Surahman ST MH, Kepala BAPPEDA Ir. Usep Sumirat, Camat Subang Rahman, S.Pd.,M.Si., Kalak BPBD  Indra Bayu Permana, S.STP, Kepala Desa Gunung Aci, Perangkat Desa dan Warga setempat. (rmdty)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!