Breaking News
GWK Inisiasi Pertemuan Dengan Pemerintah Daerah Untuk Pastikan Akses Jalan Warga Tetap Terjaga KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Akhir Oktober Bandara Kertajati Akan Dioperasikan, Ini Penjelasannya

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Bupati Kuningan H. Acep Purnama menerima audensi PT. Bandara Udara Internasional Jawa Barat Kertajati tentang pemindahan Rute Penerbangan, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Senin (18/09/2023).

Dalam audensi tersebut, membahas atas rencana di operasikannya Bendara Kertajati pada tanggal 29 Oktober dan terkait beberapa jurusan, misalnya jurusan Kertajati-Bali, Kertajati-Balikpapan, Kertajati-Banjarmasin, Kertajati-Padang, Kertajati-Batam, Kertajati-Medan dan Jurusan Internasional Kertajati-Kualalumpur dan setelah itu pasti banyak lagi penerbangan-penerbangan lainnya.

banner 728x250

Pertemuan tersebut juga membahas kerjasama antara BIJB dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan dimana akan di sediakannya stand untuk pelaku UMKM dan paket-paket wisata yang dapat ditawarkan.

Pemindahan rute penerbangan dilakukan untuk meningkatkan konektivitas dan memudahkan aksesibilitas ke daerah-daerah tertentu. Dengan membuka rute baru, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan investasi di daerah tersebut.

Ditemui selepas audiensi, Bupati Acep menyebutkan bahwa pemindahan rute penerbangan juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar bandara, seperti pembukaan lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatan usaha mikro dan kecil.

“PT. Bandara Udara Internasional Jawa Barat adalah bandara internasional yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bandara ini memiliki visi untuk menjadi pintu gerbang utama Jawa Barat ke dunia, serta misi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dan maskapai penerbangan,” tutur Acep.

Acep mengatakan, peran PT. Bandara Udara Internasional Jawa Barat sangat penting dalam pengembangan penerbangan di Jawa Barat. Dengan adanya bandara ini, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar kota dan negara, serta memperkuat ekonomi daerah melalui sektor pariwisata dan perdagangan.

Hadir pada pada udensi tersebut Dian Nurahman selaku VP.of Corporate Secretary & GA Bandara BIJB Kertajati, Kepala Diskopdagperin U. Kusmana, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Partiwisata Dr. H Toto Toharudin, MPd dan perwakilan Kunci Bersama. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan