banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
Berita  

KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Perbaikan Geometri Sejumlah 84 Titik Lokasi Perlintasan Sebidang

banner 120x600

 

Bingkaiwarta, CIREBON – PT. KAI terus berupaya meningkatkan layanan kereta api termasuk peningkatan keselamatan perjalanan, diantaranya dengan perbaikan jalur di sejumlah perlintasan sebidang. Adapun pekerjaan peningkatan prasarana perbaikan Geometri pada perlintasan sebidang secara periodik telah dan sedang dilaksanakan di wilayah kerja Daop 3 Cirebon sebanyak 168 titik pada Jalur Hulu dan Hilir di 84 lokasi perlintasan sebidang.

banner 728x250
banner 336x280
banner 336x280

Manager Humas Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul mengatakan, perbaikan tersebut meliputi penggantian rel, bantalan, penambahan batu ballast (batu kricak) dan pengaspalan kembali.

Pekerjaan peningkatan keselamatan ini dilakukan guna mengembalikan kondisi jalur kereta api yang mengalami perubahan geometri, dan berpotensi membahayakan keselamatan perjalanan KA.

Perubahan geometri jalur KA, salah satunya disebabkan karena adanya beban kendaraan yang melewati perlintasan sebidang. “Semakin padat beban lalu lintas yang ada, dapat menyebabkan penurunan elevasi rel lebih cepat, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan perjalanan KA” jelas Rokhmad.

Rokhmad menyebut pekerjaan tersebut akan memerlukan beberapa waktu dalam penyelesaiannya. Karena setelah dilakukan pembongkaran dan perbaikan geometri jalan KA, perlu dilakukan masa penstabilan sekitar 7 hari setelahnya, sebelum dilanjutkan pengaspalan. Dengan begitu, dalam beberapa hari ke depan, lalu lintas pada beberapa perlintasan sebidang akan sedikit mengalami hambatan.

Selama perbaikan, Rokhmad memastikan tidak ada penutupan jalan karena yang digunakan untuk perbaikan adalah separuh ruas jalan. Sementara separuh badan jalan sisanya masih bisa dilintasi pengguna jalan.

Ia pun mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas selama perbaikan rel untuk berhati-hati. Selama pengerjaan kondisi jalan tidak sebagus biasanya, bagi semua pengendara yang akan melintas supaya lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

“PT KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut dan kami mengimbau pengguna jalan yang melewati area yang diperbaiki tersebut untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat cuaca hujan ,karena selain ada penumpukan material, juga ada lalu-lalang pekerja ,” tutup Rokmad. (SLE)


banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!