Breaking News
KAI Daop 3 Cirebon Layani 2,9 Juta Penumpang Hingga Triwulan 3 Tahun 2025 Bingkaiwarta, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama Triwulan 3 periode Januari – September 2025 sebanyak 1.505.764 pelanggan, sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.460.739 pelanggan. “Total pelanggan yang dilayani selama periode Januari sampai dengan September 2025 (Triwulan 3) sebanyak 2.966.503 pelanggan, ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin. Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode Triwulan 3 Tahun 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 147.695 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989. “Sementara pada April berjumlah 223.941 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, Juni 202.550 pelanggan, Juli 195.779 pelanggan, Agustus 159.662 pelanggan dan September 143.917 Pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada April dan Juni karena terdapat momen Hari Raya dan liburan sekolah,” jelas Muhib. Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 328.195 pelanggan, kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 105.082 pelanggan. Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas sampai periode Triwulan 3 Tahun 2025 sebanyak 517.678 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 141.429 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 4.027 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 372.222 pelanggan. Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. “Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib. “KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib. Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus meningkat. Pada Triwulan 3 Tahun 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 97,90 %. “Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (ARL) PT SLI Bantah Isu Pencemaran Udara di Balaraja: Operasional Sesuai Standart KONI Cirebon Lepas Kontingen Cabor Tenis Meja Untuk berlaga Di Porpov 2025 Inspeksi Mendadak Kalapas Kuningan: Jaminan Makanan Layak untuk Warga Binaan 500 Mahasiswa UIN Pekalongan Diterjunkan untuk Sertifikasi Aset Umat, Menteri Nusron: Ini Ujian Nyata Mahasiswa untuk Umat!
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Peringati HMPI, Sapma PP Kabupaten Kuningan dan Katar Komara Binangkit Gelar Tanam Pohon dengan Pelajar

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Dalam memperingati Hari Menanam Pohon Nasional (HMPI), Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan dan Karang Taruna Komara Binangkit Desa Cisantana menggelar kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di Lokasi Ekowisata Curug Sawer, kemarin.

Giat ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan Pelajar dari berbagai sekolah Jenjang SMA/SMK yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan. Para pelajar tersebut sebab diberikan pendidikan dasar tentang arti penting menjaga alam dan menanam pohon oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Teguh Setiawan.

banner 728x250

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, Rio Bima Saputra, S.E. mengatakan, semua harus kolaborasi, lebih banyak warna lebih baik, ini merupakan langkah awal untuk menjaga dan mencintai lingkungan.

“Semua pihak dilibatkan terutama pelajar dan Mahasiswa yang dalam konteks ini adalah pemuda. Saya yakin dengan berkolaborasi, pemuda akan menjadi garda terdepan dalam pembangunan Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, Harnida Darius, S.H, sangat mengapresiasi kepedulian pemuda terhadap lingkungan sekitar.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang diinisiasi oleh SAPMA PP dan Karang Taruna sebab kegiatan ini merupakan giat positif demi keberlangsungan generasi yang akan datang, dan diharapkan apa yang hari ini sudah ditanam bisa diurus dengan baik sehingga akan tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” tegasnya.

Selain itu, beberapa pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini diantaranya, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, PERHUTANI, Korwil III Jabar Bergerak, Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Wilayah VIII, Jabar Bergerak Kabupaten Kuningan, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah X, DPD KNPI Kabupaten Kuningan serta Pemerintah Desa Cisantana. (rmdty)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan