banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

Lolos Seleksi, Tim PHP2D BEM Fahutan Uniku Gandeng Petani Gula Aren Desa Legokherang

  • Bagikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan, ikut serta dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang merupakan program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dengan mengusung tema “ Pemberdayaan Petani Aren Pembudidayaan Aren (Arenga Pinnata) Dalam Menunjang Produksi Gula Aren di Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan ”. Dengan harapan mahasiswa dapat mengembangkan potensi desa terutama potensi pohon aren bersama masyarakat setempat.

Pada Senin, 2 Agustus 2021 Wakil Rektor IV bidang Kemahasiswaan Universitas Kuningan membuka secara resmi dan menyerahkan 15 anggota Tim PHP2D kepada Pemerintahan Desa Legokherang untuk melaksanakan tugasnya. Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Legokherang ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor II Universitas Kuningan, Kepala LPPM Universitas Kuningan, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan, Petani Aren juga Aparat Desa Legokherang. 

banner 336x280
banner 336x280

Kegiatan yang berlangsung dalam kurun waktu lima bulan diharapkan mampu memberikan manfaat umumnya kepada masyarakat khususnya bagi para petani aren. Potensi aren di Desa Legokherang sangat bagus untuk dikembangkan, hal ini terlihat dari sumberdaya alamnya yang melimpah. Upaya pengelolaan sumberdaya alam khususnya pemanfaatan pohon aren harus ditunjang dengan pengetahuan yang lebih luas agar maksimal dalam pelaksanaannya.

“Selain dari pengolahan gula aren, kami juga berharap kegiatan ini bisa menjadi tempat berbagi pengalaman dan bertukar informasi antara mahasiswa dengan petani aren mengenai pembudidayaan aren. Disamping sumberdaya yang melimpah masyarakat juga perlu melestarikan sumberdaya yang dibutuhkan kedepannya. “ ujar Ketua Tim PHP2D, Dede kepada bingkaiwarta.co.id, Minggu (17/10/2021).

Senada dengan Dede, Ketua BEM Fakultas Kehutanan Uniku, Egi menambahkan, bahwa Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) ini mendapat dukungan penuh dari para civitas akademika Universitas Kuningan, terutama dari dosen dan staff Fakultas Kehutanan. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bermasyarakat. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Desa juga masyarakat setempat.   

“Dengan mengambil tema mengenai Pemberdayaan Petani Aren dalam menunjang produksi gula aren di Desa Legokherang, kami berharap gula aren asli Legokherang ini dapat terus diproduksi secara berkelanjutan dengan tetap mempertahankan keasliannya, juga kami berharap gula aren ini dapat bersaing di pasaran yang lebih luas,” ujar Egi.

Dalam pelaksanaan kegiatan selama 5 bulan dari Juli hingga November, akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi secara daring oleh Tim Monev dari Kemenristekdikti. Dalam Monev, Tim PHP2D akan diberikan arahan oleh pendamping. Selain itu Tim juga diberikan pertanyaan mengenai perkembangan dari kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana. (AK)


banner 336x280
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!