banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250
banner 728x250

banner 728x250

Pembangunan Jalan Baru Cigugur-Cisantana Dimulai, Bupati Acep : Semoga Jalan Ini Menjadi Kebanggaan Masyarakat Kuningan

banner 120x600

Bingkaiwarta, CIGUGUR – Untuk memperlancar arus distribusi baik manusia, barang, jasa dan hasil pertanian pada pengembangan jalur Pariwisata Kawasan Palutungan, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang mencanangkan Ground Breaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Jalan Baru Cigugur-Cisantana, bertempat di Rageman Resto, Selasa (5/9/2023).

Jalan sepanjang 2,4 KM dan lebar 7 meter ini merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang tertuang dalam Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun 2023 paket pengembangan jalan Cipari – Cisantana penanganan Jalan Daerah di Kawasan Rebana.

banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280
banner 336x280

Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian PUPR, Rico Octtriyana menyampaikan, bahwa bantuan ini merupakan paket tematik pengembangan pariwisata di daerah. Bersamaan dengan pembangunan ruas jalan ini, pihaknya menyebutkan bahwa bantuan serupa sedang dikerjakan di Kabupaten Kuningan, yaitu pembangunan ruas jalan Cipasung-Subang.

“Maka melalui kesempatan ini kami mohon dukungan dari segenap pihak, utamanya Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan bahwa selama pelaksanaan mungkin ada debu atau kebisingan karena mulai besok alat berat akan di turunkan. Namun jika selesai ruas jalan ini akan memiliki manfaat sebesar-besarnya, termasuk investasi yang akan semakin mengembangkan potensi wisata yang ada di Kuningan,” tutur Rico.

Sekretaris Daerah Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar yang hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa pariwisata merupakan sektor penyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang sangat potensial dan diharapkan mampu menjadi leading sector pembangunan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

.

“Oleh karena itu pembangunan Jalan Lingkar Cipari – Cisantana menjadi salah satu upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di area Cigugur – Cisantana. Dan pelaksanaan pembangunan ruas jalan Cipari – Cisantana adalah bukti sinergitas perencanaan dan pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Keberadaan jalan ini diharapkan menjadi urat nadi baru ekonomi berbasis wisata yang ada di Kabupaten Kuningan,” jelas Dian.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, keberadaan pelaksanaan Pembangunan Jalan Cipari Cisantana dapat dipandang dari berbagai aspek.

“Kawasan Cisantana, Palutungan dan Puncak merupakan kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, dan daya dukung lingkungan hidup. Oleh karena itu kita memandang perlu adanya pembangunan jalan Cigugur-Cisantana ini,” ujar Acep.

Ia menambahkan, bahwa pelaksanaan Pembangunan Ruas Jalan Cipari – Cisantana merupakan proses pelaksanaan kegiatan yang menyerupai pelaksanaan rekonstruksi jalan (Pelaksanaan Perkerasan Jalan) hal tersebut karena pembukaan dan penyiapan lahan telah dilaksanakan dan diselesaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

“Untuk itu, saya berharap selesainya jalan ini dapat menjadi jalan kebanggan masyarakat Kuningan yang akan meningkatkan perekonomian secara makro,” imbuhnya.

Acep melanjutkan, “Namun saya titip bahwa dalam proses pengerjaan agar diperhatikan penataan ruangnya, karena setelah jalan terbangun sudah tentu akan banyak bangunan berdiri. Maka dari itu, saya harap dinas terkait agar memperhatikan penataan ruang yang baik. Kepada Dishub agar dipersiapkan berdirinya PJU untuk penerangan, serta kepada Dinas LH agar memperhatikan pengendalian lingkungan hidup yang berwawasan lingkungan,” ungkap Acep.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemecahan kendi sebagai simbol dimulainya pembangunan Jalan Cigugur-Cisantana yang dilanjutkan dengan doa bersama agar pembangunan dapat selesai tepat waktu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, beberapa Kepala SKPD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cigugur dan Kontraktor (pihak ke 3) yang menangani pembangunan ruas jalan tersebut. (Abel)


banner 336x280
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!